Jambi (ANTARA Jambi) - sebanyak 178 jamaah haji asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar), Jambi, Kamis, tiba di daerahnya setelah menempuh perjalanan dengan kapal cepat dari embarkasi Batam, Kepulauan Riau.

Ratusan jamaah haji ini merapat di Pelabuhan Marina, Kota Kuala Tungkal, ibukota Tanjabar pada pukul 14.30 WIB.

Satu dari ratusan jamaah haji yang terdiri dari 78 laki-laki, dan 101 perempuan ini, meninggal dunia di kota suci Mekah dan telah dimakamkan di sana.

Sementara itu, dua jamaah haji tiba dalam keadaan sakit dan langsung dilarikan ke rumah sakit umum daerah setempat.

Berdasarkan data yang diperoleh di Kantor Kementrian Agama Tanjabar, jamaah haji yang meninggal ini atas nama Iriani bin Lado (53), warga Jalan Gatot Subroto RT06, Kecamatan Tungkal Ilir.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kuala Tungkal H. Ismail saat ditanya menjelaskan, jamaah haji yang meninggal disebabkan kelelahan.

Korban meninggal sebelum pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, pada 12 Oktober. "Jumlah keseluruhan jamaah haji Tanjabar 179 orang, satu orang meninggal di Mekah," katanya.

Jamaah haji Tanjabar berangkat ke Arab Saudi melalui embarkasi Batam termasuk dalam Kloter I pada Gelombang II.

Almarhum Iriani bin Lado sudah dalam kondisi sakit saat berangkat, dan dan karena kelelahan kemudian sakit dan  meninggal.

Mengenai dua orang jamaah haji yang pulang dalam kondisi sakit, Ismail mengatakan, salah seorang jamaah diketahui sakit saat tiba di Batam, sedangkan satu orang jamaah lagi sakit saat dalam perjalan pulang ke Tanjabar.

"Oleh petugas, keduanya sudah dilarikan ke RSUD setempat. Hanya menderita kelelahan," ujarnya.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013