Jakarta (ANTARA Jambi) - Apabila program rehabilitasi dan program penghijauan yang kini dilaksanakan masyarakat berjalan dengan baik maka dalam waktu 25-30 tahun mendatang Indonesia akan hijau kembali, kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Di sela peluncuran penditribusian dua juta bibit pohon di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, Zulkifli menyatakan tanpa adanya gerakan penghijauan maka tanah-tanah gundul yang ada di Indonesia baru akan dapat hijau kembali dalam waktu l20 tahun.

"Menanam saat ini sudah menjadi gaya hidup. Jika kondisinya seperti ini maka saya yakin dalam kurun 25-30 tahun Indonesia akan hijau," katanya.

Menhut menyatakan dari tahun ke tahun Kementerian Kehutanan terus meningkatkan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan melalui "Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon".

Pada tahun 2010, pemerintah telah melakukan penanaman sebanyak 1,3 miliar batang pohon, kemudian pada 2011 sebanyak l,5 miliar batang pohon dan pada 2012 kembali menanam 1,6 miliar batang pohon.

"Pada tahun ini mudah-mudahan bisa menanam lebih banyak dari 1,6 miliar batang pohon," katanya.

Menyinggung luasan lahan yang dapat dihijaukan kembali, Menteri menyatakan sekitar 20 juta hektare tersebar di Kalimantan dan Sumatera.

Sementara itu Kepala Penasihat Paguyuban Budiasi Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan dua juta bibit tanaman yang akan didistribusikan tersebut terdiri atas l40 jenis tanaman, baik tanaman produktif yang bernilai ekonomis maupun yang berfungsi ekologis. 

Sejak paguyuban tersebut didirikan pada 2011, pihaknya telah mendistribusikan bibit pohon sebanyak lima juta batang, tersebar dari Aceh hingga Papua.

"Tahun ini akan dibawa ke Gunung Agung di Bali guna dihijaukan kembali, sehingga pada lima tahun mendatang diharapkan lebih hijau," katanya.(Ant)

Pewarta: Subagyo

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013