London (ANTARA Jambi) -  Kualitas teh Indonesia kini mulai diakui dunia, salah satunya produsen teh Inggris, Finlays, Ottilie Cunningham yang menyatakan teh asal Indonesia sangat natural dan berkualitas tinggi dibandingkan teh dari negara lainnya.

Hal itu terungkap pada pada acara business luncheon dengan sekitar 20 pengusaha teh Inggris yang diadakan di KBRI London, Selasa siang. Rachmat Badrudin pada kesempatan itu juga tampil sebagai pembicara.

Dikatakannya, perusahaannya sejak 10 tahun terakhir melakukan bisnis dan membeli teh dari Indonesia yang kemudian diolah untuk dijual ke konsumen.

Sebelumnya Ketua Umum Dewan Teh Indonesia  Rachmat Badrudin memaparkan mengenai Petani Teh Indonesia dan Potensi Kerjasama dengan Pembeli dan Packers di Inggris.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Teh Indonesia yang juga pemilik KBP Chakra ia mendapat mandat dari Pemerintah memperdayakan perkebunan teh di Indonesia khususnya perkebunan rakyat.

Menurut  Rachmat Badrudin, produksi dan perdagangan teh dunia mencapai 4.624.625 ton, dengan ekspor sebesar 1.770.652 dan impor mencapai 1.621.600 ton, sementara perkebunan teh di Indonesia hanya sebesar 95.000 hektare dan 77 persen berada di Jawa Barat.
 
Indonesia berupaya untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama dalam pengembangan produktivitas dan kualitas daun teh dari Indonesia khususnya milik perkebunan rakyat dengan Inggris dan negara Eropa lainnya.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb menyampaikan penghargaannya dengan kehadiran misi dagang teh Indonesia ke Inggris. Hal ini sejalan dengan harapan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berkunjung  ke London tahun lalu untuk melipatgandakan jumlah nilai perdagangan Indonesia ke Inggris.

Atase Perdagangan KBRI London Marry Maryati mengakui ekspor teh Indonesia ke Inggris menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.  Hal ini harus disupport agar teh Indonesia bisa masuk lebih banyak lagi, apalagi Inggris mempunyai budaya minum teh yang cukup besar.

Dalam kunjungan misi dagang teh Indonesia ke London selain mengikuti pertemuan dengan para pengusaha teh di London juga mengadakan peninjauan ke kantor Finlays, perusahaan teh yang sudah berumur ratusan tahun serta bertemu dengan Internasional Tea Consultant.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013