Jambi (ANTARA Jambi) - Selama tahun 2013, Pemkab Batanghari, Jambi, telah membangun jalan usaha tani sepanjang 31 kilometer, kata Kepala Dinas Pertanian Batanghari Hayatul Islam.

Ketika dihubungi, Rabu, ia menjelaskan, jalan usaha tani sepanjang 31 Km tersebut tersebar di 12 desa dan tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Marosebo Ulu, Marosebo Ilir, Muaratembesi, Bathin XXIV, Muarabulian, Bajubang dan Mersam.

"Diharapkan dengan adabya jalan usaha tani ini, diharapkan perputaran perekonomian warga semakin meningkat dan mempermudah transportasi angkutan produksi pertanian," katanya.

Menurut dia, jalan usaha tani dibangun untuk kepentingan para petani, seperti jalan menuju ke kebun dan juga sawah petani. Disamping itu, pembangunan jalan usaha tani inidi bangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan  APBD Batanghari.

"Angaran untuk pembangunan jalan usaha tani ini sebesar Rp3 miliar, dan dalam satu kilometer menghabiskan biaya sebesar Rp100 juta," ujarnya.

Hayatul menjelaskan, pembangunan usaha tani di wilayah Kabupaten Batanghari ini akan mempermudah akses para petani untuk menuju ke lokasi kebun. Pada tahun 2014, pihaknya juga sudah mengusulkan kembali pembangunan jalan usaha tani.

"Pada tahun 2014, Pemkab Batanghari menggarkan kembali pembangunan jalan usaha tani sepanjangn empat kilometer di beberapa kecamatan," katanya.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013