Jambi (ANTARA Jambi) - Commonwealth Bank Indonesia, anak perusahaan Commonwealth Bank Australia, mencatat angka pertumbuhan cukup tingga pada kuartal ketiga tahun 2013 sebesar Rp12,3 triliun atau meningkat 25 persen.

Pada akhir September 2013 (Q3), bank membukukan kinerja kuat pada pertumbuhan kredit, yaitu sebesar Rp12,3 triliun atau meningkat 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Pencapaian ini merupakan hasil dari fokus dan implementasi berkelanjutan dari strategi bisnis empat pilar kami," kata Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia (CBI) Tony Costa dalam siaran pers CBI, Jumat.

Pertumbuhan kredit terutama datang dari sisi kredit produktif, dengan pertumbuhan kredit UKM sebesar 31 persen dan pertumbuhan kredit komersial sebesar 21 persen. Komposisi kredit produktif bank telah mencapai 70 persen dari seluruh total kredit.

Dalam periode tersebut, CBI juga berhasil mencatatkan laba bersih setelah pajak sebesar 170 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. 

Laba bersih setelah pajak pada akhir September 2013 tercatat sebesar Rp156 miliar atau Rp98 milyar lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kata Tony.

"Dengan kondisi ekonomi seperti kenaikan suku bunga Bank Indonesia dan likuiditas yang semakin ketat, kami mampu mempertahankan pertumbuhan kredit di atas rata-rata industri sebesar 22 persen dengan kinerja keuangan yang sangat positif," katanya.

"Hal ini juga menunjukkan komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan sektor riil di Indonesia. Kami juga terus memantau kualitas portofolio kredit kami yang baik, ini ditunjukkan dengan tingkat kredit bermasalah sebesar 0,77 persen, yang lebih rendah dari rata-rata industri," katanya lagi.

 Sementara itu, Direktur Retail & Business Banking CBI Ian Whitehead mengatakan, kinerja kuat ini tidak terlepas dari pertumbuhan nasabah yang kuat. Jumlah nasabah baru tumbuh sebesar 25 persen untuk periode Januari-September 2013.

Saat ini CBI memiliki lebih dari 215.000 nasabah melalui 91 kantor cabang di 32 kota di seluruh Indonesia. CBI juga didukung oleh lebih dari 2.100 karyawan di Indonesia, tambahnya.(Ant)

Pewarta: Edy Supriyadi

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013