Jambi (ANTARA Jambi) - Menjelang akhir tahun, jumlah penumpang maskapai penerbangan Citilink mengalami kenaikan lebih dari 60 persen, kata Station Manager Citilink Jambi, Diaz.

Menurut dia ketika dikonfirmasi, Sabtu, meningkatnya penumpang itu antara lain dipicu oleh adanya penambahan armada terbarunya berupa pesawat tipe Airbus A320 sistem Skarklets.

Ia mengatakan penerbangan memasuki "high season" yang jatuh pada Desember dan awal 2014, permintaan booking akan tiket pun sudah masuk 60 persen dengan fix.

Tidak hanya itu, isian "seat" pun didominasi dengan permintaan di tanggal 15 Desember menuju perayaan Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember 2013.

"Sedangkan momen Tahun Baru 2014 permintaan didominasi pada tanggal 2 dan 3 Januari 2014," katanya.

Terkait rute yang banyak dibooking kebanyakan masih didominasi untuk rute Jakarta dan sejumlah provinsi yang selama ini menjadi destinasi wisata.

Guna memudahkan pelanggan, permintaan booking juga didukung beberapa promo menarik yang diberikan Citilink. Mulai dari promo tiket "low carier" yang saat ini, harga tiket untuk rute Jakarta tersedia dengan harga Rp363 ribu, Rp395 ribu dan yang tertinggi Rp588 dalam kondisi "full seat".

Selain itu kemudahan yang diberikan dengan sistem booking saat ini bisa melalui website Citilink, dan pembayaran booking pun dapat melalui internet banking, ATM, serta sebuah toko supermarket yang memiliki poster khusus Citilink di setiap outletnya.

Untuk bulan November sendiri permintaan akan tiket cukup banyak, dimana saat ini merupakan momen "low season". Diperkirakan akhir bulan November dan masuk Desember permintaan tiket sangat tinggi, isian seat juga masih cukup banyak dengan 60 persennya sudah fix dengan sistem booking di bulan Desember.

"Sedangkan sampai dengan 11 November 2013 saja tingkat isian seat sudah terisi sebanyak 97 persen setiap harinya," kata Diaz.

Saat disinggung soal pesawat Airbus yang digunakan Citilink, Diaz mengatakan pesawat ini sudah masuk secara nasional pada 19 September 2013 dan khusus untuk Provinsi Jambi akan segera dipergunakan secepatnya.

Ia juga menjelaskan, maskapai Citilink selama ini telah dikenal sebagai maskapai berbiaya murah atau "low cost carier (LCC)". Penerbangan murah tetap menggunakan pesawat terbaru jenis Airbus A320 dengan sistem Skarklets.

"Sharklets merupakan penyempurnaan yang dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar," ujarnya.

Penggunan pesawat jenis terbaru ini telah dilakukan pada beberapa rute penerbangan, seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar dan Yogyakarta, tambahnya.(Ant)

Pewarta: Putra Agung

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013