Jambi (ANTARA Jambi) - Selama Oktober-Nopember 2013, Dinas Kesehatan Batanghari, Jambi, mencatat sebanyak 35 siswa di salah satu sekolah di daerah itu terserang penyakit Hepatitis A atau biasa dikenal penyakit kuning.

Kepala Bidang Penangulangan dan Pencegahan Penyakit (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari Hermina saat dihubungi, Kamis menjelaskan siswa yang terserang penyakit Hepatitis A itu adalah siswa SMA 9 Batanghari Kecamatan Marosebo Ulu.

Ke-35 siswa yang menderita penyakit Hepatitis A ini diperiksa oleh petugas kesehatan Dinkes Batanghari. Kepada guru, siswa yang terkena penyakit ini disarankan untuk diliburkan selama dua minggu selama perawatan penyembuhan, karena penyakit ini sangat mudah menular.

"Siswa yang positif sakit kita liburkan untuk mencegah jangan sampai penyakitnya menular ke siswa yang lain," ujarnya.

Berdasarkan hasil pengecekan petugas kesehatan Dinkes Batanghari, siswa yang terkena penyakit Hepatitis A itu diduga berasal dari kantin di salah satu sekolah. Bahkan, virus Hepatitis A ini menularnya dari makanan.

Adapun gejala dan ciri-ciri penderita Hepatitis A tersebut yakni badan lesu, lemah, kencing kuning, mata merah. Jika ciri-ciri ini ditemukan pada orang yang sakit maka harus banyak beristirahat dan diobati untuk dilakukan pencegahan.

Ia menjelaskan, ke-35 siswa yang terserang Hepatitis A ini semuanya bisa diobati dan siswa yang positif setelah mendapat perawatan dari Puskesmas lalu dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.

Kasus penyakit Hepatitis ini baru pertama kali ditemukan di Batanghari. Namun kasus ini tidak terlalu berbahaya asalkan cepat diobati.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013