Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Barat Usman Ermulan memberikan apresiasi terhadap kinerja jajarannya, terutama Kepala Bagian Keuangan dan jajarannya yang dinilai mampu menyelamatkan dana sebesar Rp104 miliar yang nyaris hangus.

"Bagian Keuangan telah mengambil kebijakan taktis yang tidak merugikan semua pihak sehingga bisa menyelamatkan dana pencairan sebesar Rp104 miliar yang hampir dinyatakan hangus," katanya di Jambi, Jumat.

Menurut Usman, Bagian Keuangan mampu mengambil kebijkan yang tepat, tidak ada hukum yang dilanggar dan pengusaha juga tidak dirugikan.

Bupati mengatakan, Kabag Keuangan telah berani mengambil keputusan tepat meski dalam tekanan yang cukup berat, dimana terdapat sisa 150 dokumen pengajuan SP2D yang belum tuntas hingga pukul 23.30 WIB Selasa (31/12) sebelum pergantian tahun.

Dengan memindahkan seluruh arsip ke bank daerah selaku penyalur dana pencairan pada waktu itu, kinerja Kabag Keuangan juga dinilai berhasil menyelamatkan total Rp104 miliar dana realisasi pencairan milik pengusaha dan juga dana peruntukan bantuan sosial.

"Otomatis, sesudah dokumen diserahkan, itu menjadi tanggung jawab pihak bank. Ada 150 dokumen yang berhasil diselamatkan dengan total dana Rp104 miliar, dan saat ini uang itu ada di rekening masing-masing," katanya.

Ia berharap, kebijakan yang diambil Kabag Keuangan tersebut bisa dijadikan acuan dan contoh bagi dinas dan jajarannya untuk terus bekerja sekuat tenaga hingga penghujung batas waktu.

"Ini menjadi pengalaman berarti di saat menghadapi 'emergency'. Mereka tidak menyerah dan terus mengejar pekerjaan siang dan malam sampai akhirnya selesai. Ini jadi pembelajaran bagi yang lainya," tegas Usman.

Sementara ini memang masih terdapat beberapa rekanan yang masih harus melengkapi beberapa dokumen pencairan.

Terkait pembayaran, Usman juga menegaskan pencairan dibayarkan sesuai realisasi prosentase pekerjaan dan pembayaran langsung dari bank.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014