Jambi (ANTARA Jambi) - Tim Mabes Polri yang beranggotakan empat orang, Selasa, mendatangi Mapolres Batanghari, Jambi, terkait adanya laporan dari warga Suku Anak Dalam (SAD) tentang sikap arogan Kapolres Batanghari AKBP Robert A. Sormin dalam penyelesaian konflik lahan di PT Asiatic Persada.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kedatangan Tim Mabes Polri itu mengecek kebenaran laporan dari Kompolnas atas lanjutan laporan dari warga SAD atau Suku Kubu atas sikap Kapolres Batanghari tersebut.

Empat orang Tim Mabes Polri yang mendatangi Polres, yakni Irbitjemen SDM II Itwil V Kombes Drs Sukisto. Irbit Jemen Ops II Itwil V Kombes Drs Sukamto SH. M.si. Aliditor Itwil V Kombes Drs Gusti K Gunawan MM dan Kanit II Den A Bripinal Kompol Nganti Irawan SH, MA.

Tim tersebut berada di Mapolres Batanghari pukul 09:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB dan langsung melakukan pertemuan dengan jajaran Polres Batanghari di aula Ops Polres Batanghari.

Salah satu Tim Mabes Polri dalam rapat tersebut mengatakan, tujuan kedatangan mereka ke Polres Batanghari untuk mengecek kebenaran laporan Kompolnas dengan nomor surat B/102 tahun 2014.

"Laporan Kompolnas ke Mabes Polri pada 4 Februari 2014 terkait tindakan Kapolres Batanghari dalam menyelesaikan kasus konflik lahan antara warga SAD dengan PT Asiatic Persada," katanya.

Menurut dia, Kapolres Batanghari Robert A Sormin telah menyalahgunakan kewenangan sebagai pimpinan Polres dalam penanganan konflik warga SAD dengan PT Asiatic Persada. Pasalnya dalam surat itu tertulis Kapolres dianggap arogan, berpihak pada perusahaan karena lebih gencar tekanannya dari Pemerintah Provinsi Jambi.

Sementara itu, Kapolres Batanghari AKBP Robert A Sormin ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kedatangan Tim Mabes Polri tersebut, namun dia membantah kalau kedatangan itu untuk menyakan kebenaran terkait laporan warga SAD ke Kompolnas dan dilanjutkan ke Mabes Polri.

" Ndak, ndak, ndak, ini hanya kunjungan kerja biasa," kata Kapolres singkat.

Kapolda Jambi Satriya Hari Prasetya dikonfirmasi melalui telepon genggamnya mengatakan kedatangan Tim Mabes Polri ke Mapolres Batanghari itu untuk mengklarifikasi laporan Kompolnas ke Mabes Polri.

"Benar, kedatangan Tim Mabes Polri itu terkait dengan permasalahan konflik di PT Asiatic Persada," kata Kapolda yang mengaku sedang berada di Kabupaten Kerinci. (Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014