Jambi (ANTARA Jambi) - Dua instansi di Pemkab Batanghari, yakni Dinas Perkotaan dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) tengah mempersiapkan pendirian Bank Sampah untuk menangani masalah sampah, masalah kebersihan dan pengelolaan lingkungan

Kepala BLHD Batanghari Hj Nelly ketika dikonfirmasi, Minggu mengatakan, pengelolaan sampah ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap penyebaran sampah yang semakin hari semakin bertambah.

Menurut dia, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perkotaan sudah mempersiapkan rencana untuk mendirikan bank sampah di Kabupaten Batanghari.

"Kami sudah berencana untuk mendirikan bank sampah yang nantinya akan berada disamping kantor Dinas ESDM Batanghari," kata Nelly, Sabtu.

Ia menjelaskan, dalam pengelolaan sampah itu nantinya akan dipisahkan antara sampah organik dan sampah non organik.

Dalam penyimpanan sampah tersebut masyarakat akan diberikan kesempatan untuk menabung sampah dalam kurun waktu tiga bulan, setelah tiga bulan sampah yang sudah dikelola bisa diambil kembali oleh masyarakat.

"Sampah itu kita pisahkan, nanti setelah dikelola baru bisa diambil setelah tiga bulan," ujarnya.

Kepala Dinas Perkotaan Kabupaten Batanghari  Suaidi membenarkan, pihaknya bersama BLHD sudah membicarakan masalah bank sampah sampai tahap struktur pengurusan.

Bank sampah itu nantinya diharapkan mampu mengatasi persoalaan sampah di Kabupaten Batanghari, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah juga berguna. Ditargetkan pada pertengahan tahun ini bank sampah itu sudah bisa beroperasi.

"Kita ingin membangun kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah agar tidak membuang sampah bukan pada tempatnya. Kita targetkan pertengahan tahun ini bank sampah itu sudah berjalan," katanya.

Sementara itu, Fathun, warga Muarabulian menyambut baik rencana pendirian bank sampah oleh BLHD dan Dinas Perkotaan tersebut, yang diharapkan mampu berikan efek positif terhadap warga terutama masyarakat Kabupaten Batanghari dalam mengelola lingkungan.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014