Jambi (ANTARA Jambi) - Wakil Gubernur Fachrori Umar berharap para wisudawan dan wisudawati tidak hanya berpikir menjadi Pegawai Negeri Sipil, tapi juga harus berani menggeluti kewirausahaan.

"Saya berharap para lulusan yang diwisuda ini tidak hanya mengejar posisi di birokrasi atau PNS yang sudah pasti sangat terbatas, sementara peluang kewirausahaan sebenarnya terbentang luas, asal kita mampu menciptakan inovasi, kreativitas, dan daya saing profesionalitas diri," ujar Wagub di Jambi, Sabtu.

Harapan tersebut disampaikan Fachrori saat Dies Natalis ke-51 dan Wisuda ke-65 program diploma, sarjana, magister, profesi dokter semester genap tahun akademik 2013/2014 di Universitas Jambi.

Ia menyatakan telah banyak melihat berbagai kerja sama yang dilakukan Universitas Jambi (Unja), baik dengan lembaga pendidikan maupun dengan lembaga swasta dan lembaga pemerintah.

Jalinan kerja sama dengan swasta yang dilakukan oleh Unja dalam program pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan satu langkah positif dalam penciptaan lapangan kerja, dan kerja sama itu tentu telah memberikan kontribusi terhadap pengurangan jumlah pengangguran dan peningkatn kinerja ekonomi masyarakat.

Wagub berpesan agar mahasiswa tidak hanya mengejar nilai atau angka yang tinggi, namun juga berpikir positif dan bijak serta mencari makna dari perkuliahan yang diikuti, dengan pertanyaan apa manfaat mata kuliah yang diikuti dan apa yang bisa diperbuat dengan mata kuliah yang diikuti.

Apabila para mahasiswa telah menanamkan jiwa seperti ini, mudah-mudahan keraguan para wisudawan/wati untuk tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus, tidak akan terjadi.

Sebelumnya, Rektor Universitas Jambi Aulia Tasman dalam laporannya menjelaskan, tahun akademik 2013/2014 Unja mewisuda 1.652 lulusan terdiri dari 91 orang Program Diploma, 1.403 orang Sarjana (S1), 152 orang Program Magister (S2), dan enam orang Program Profesi Dokter.

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014