Jakarta (ANTARA Jambi) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan Radio Republik Indonesia (RRI) bekerja sama dalam menyiarkan proses hitung cepat (quick count) hasil pemungutan suara Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD 2014, Rabu (9/4).

Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni saat menerima Direktur Program dan Produksi RRI M. Kabul Budiono dan Kabid Litbang RRI Agus Sukoyo di Jakarta, Selasa, membahas teknis pemberitaan bersama itu.

Kabul Budiono menjelaskan bahwa Puslitbang Diklat RRI membangun sistem pelaporan, pencatatan data, pengolahan, dan penyiaran penghitungan suara hitung cepat untuk Pemilu 2014.

Agus menambahkan bahwa RRI mempekerjakan sekitar 2.000 sukarelawan nonpartisan partai politik ke berbagai tempat pemungutan suara yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Sukarelawan itu melaporkan melalui masing-masing telepon genggam ke pusat data RRI yang kemudian diolah dan ditampilkan ke dalam bentuk grafik perolehan suara tiap partai politik peserta pemilu.

"Kami memastikan datanya akurat dan RRI tetap independen. Dalam pekerjaan ini kami juga memiliki konsultan ahli dari sebuah lembaga survei ternama yang berpengalaman melakukan hitung cepat," kata Kabul.

Kabul menegaskan bahwa tayangan berupa data seketika (realtime) itu mulai dilakukan pada pukul 13.00--17.00 WIB hingga sampling 100 persen terhitung semua.

Sementara itu, Akhmad Kusaeni mengatakan bahwa tayangan "realtime" itu juga akan tersaji pada portal berita "Antaranews.com".

Pada waktu-waktu tertentu RRI akan menyiarkan dalam bentuk berita dan dialog dengan tiga pengamat Effendi Gazali, Tjipta Lesmana, dan Komaruddin Hidayat hingga proses hitung cepat ini selesai.

LKBN Antara juga akan menyiarkan perkembangan hasil hitung cepat dari RRI itu.

"Sebagai kantor berita resmi negara dan peran RRI juga sebagai suara Indonesia harus benar-benar menyajikan data yang akurat," kata Akhmad Kusaeni mengingatkan.

Akhmad Kusaeni menambahkan bahwa dalam proses hitung cepat itu akan tergambar detik demi detik perolehan suara yang telah masuk dan dihitung dari awal sampai akhir.

Selain itu, juga akan tergambar perolehan suara partai di tiap daerah. (Ant)

Pewarta: Budi Setiawanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014