Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Pertanian Kabupaten Batanghari, Jambi, akan menyalurkan 900 batang bibit durian montong dan 500 batang bibit jeruk keprok kepada petani setempat.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Holtikultura, Dinas Pertanian (Distan) Batanghari Mohammad Alfian, Selasa, mengatakan, bibit jeruk keprok dan durian montong ini merupakan stok Distan yang ada di pembibitan di Desa Karmeo Kecamatan Batin XXIV.

"Kita sudah siap menyalurkan ke petani yang membutuhkan kedua taman buah ini. Namun petani yang ingin mendapatkan bantuan bibit ini harus mengajukan surat permohonan yang ditandatangi, kepala desa/lurah atau camat, lalu diajukan ke Kepala Distan," katanya.

Ia mengatakan, kondisi geografis dan lahan di delapan kecamatan di Kabupaten Batanghari dinilai sangat baik dan cocok untuk ditanami kedua jenis tanaman buah tersebut.

Untuk durian, diperkirakan saat umur enam tahun sudah mulai berbuah asalkan lahan pertanian yang ditanami tanaman itu tidak terkena banjir.

Alfian menjelaskan, sesuai Undang-Undang nomor 13 tahun 2010 tentang holtikulktura, pihak Distan diwajibkan menyiapkan kebutuhan bibit para petani, seperti menyediakan bibit tanaman yang diunggulkan oleh pemerintah pusat.

Anggota Kelompok Tani Desa Olak Kecamatan Muarabulian Idris mengatakan, petani sangat berharap adanya bantuan bibit jeruk dan durian dari Distan tersebut.

Oleh karena itu, Kelompok Tani Desa Olak akan segera mengajukan surat permohonan atau proposal terkait bantuan itu.

Ia mengaku selama ini kelompok tani di Kecamatan Olak sama sekali belum pernah menerima bantuan bibit tanaman holtikultura, yang ada selama ini hanya berupa kegiatan.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014