Jakarta (ANTARA Jambi) - Sebanyak 15 kota di Tanah Air, termasuk Kota Jamb, berhasil menjadi finalis penghargaan keselamatan jalan raya atau "Indonesia Road Safety Award 2014".

"Tahun ini, sebanyak 15 kota berhasil menjadi finalis," kata Direktur Utama Adira Insurance Indra Baruna dalam acara "Kick Off IRSA 2014", di Jakarta, Kamis.

Adira Insurance merupakan penyelenggara kegiatan yang diselenggarakan sejak 2013 itu.

Sebanyak 15 kota yang berhasil menjadi finalis itu terbagi tiga kategori yaitu kota sedang, kota besar, dan metropolitan.

Untuk kategori kota sedang yakni Kabupaten Bangli, Kabupaten Enrekang, Kota Probolinggo, dan Kota Yogyakarta .

Kemudian untuk kategori kota besar yakni Kota Balikpapan, Kota Bogor, Kota Jambi, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Wonosobo.

Untuk kategori kota metropolitan yakni Kota Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Sleman. "Total peserta pada tahun ini sebanyak 41 kota/kabupaten," tambah dia.

Berbeda dengan tahun lalu, IRSA 2014 mengusung metode partisipatif dan rekomendasi, tujuannya memperluas jangkauan dan peluang keikutsertaan pemerintah daerah di Indonesia secara aktif.

Terdapat lima pilar kriteria pemenang yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

"Kami sangat gembira, penghargaan ini menjadi pemicu semangat pemerintah kabupaten/kota untuk serius menerapkan tata kelola keselamatan jalan," tambah dia.

IRSA tidak hanya penghargaan belaka, namun terdapat hal penting di dalamnya yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi seluruh finalis.

Penganugerahan itu juga didukung berbagai pihak seperti Kemenhub, Kemenkes, Pekerjaan Umum, Bappenas, Korlantas Polri, WHO, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, Masyarakat Transportas Indonesia, dan berbagai pihak lainnya.(Ant)

Pewarta: Indriani

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014