Jambi (ANTARA Jambi) - Seluruh sekolah di Kabupaten Muarojambi mulai tahun ajaran 2014/2015 akan mulai menerapkan materi Kurikulum 2013, Kepala Dinas Pendidikan Muarojambi Ulil Amri.

Penerapan kurikulum terbaru ini telah melalui persiapan yang matang dari pihak Dinas Pendidikan (Diknas) Muarojambi, katanya ketika dikonfirmasi, Senin.

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan Muarojambi menjamin seluruh sekolah di Muarojambi telah siap menjalankan Kurikulum 2013.

"Seluruh pihak telah siap menjalankan Kurikulum 2013, Tahun ajaran ini akan segera diterapkan, semuanya telah kami persiapkan dari tenaga guru hingga sarana dan prasarana lainnya," katanya.

Dari sisi guru, pihak Diknas telah melakukan pelatihan tenaga pengajar untuk kurikulum 2013, dari sisi buku mata pelajaran juga telah ditanggung oleh dana pusat.

"Kami telah melakukan pelatihan guru-guru untuk menerapkan kurikulum ini pada siswa, hampir semua guru telah dilakukan pelatihan. Kurikulum 3013 lebih banyak diharapkan respon dari siswa, keaktifan siswa menjadi fokus utama dari kurikulum baru ini," ujarnya.

Perbedaan lainnya pada pemahaman konsep belajar adalah siswa harus aktif dan guru hanya sebagai fasilisator.

"Semua seimbang antara ilmu, ketrampilan dan budi pekerti, sehingga ke depan siswa diharapkan dapat membuka wawasan lebih luas, bukan hanya terpaku dengan ilmu saja," kata Ulil.

Dengan penerapan kurikulum ini, diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Muarojambi akan semakin meningkat dan setaraf dengan level nasional.

"Tentu kami optimistis dengan kurikulum baru ini, nantinya Muarojambi akan memiliki standar yang sama dengan tingkat nasional dan dapat bersaing dengan sekolah unggulan lainnya," tambahnya.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014