Jambi (ANTARA Jambi) - Pos tunggu penumpang di Pelabuhan Lalulintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat kondisinya memperihatinkan dan nyaris ambruk.

Penumpang pengguna jasa kapal cepat terpaksa mengungsi di tenda darurat yang disediakan pihak LLASDP.

Pantauan di lapangan hingga Selasa, pos yang terbuat dari kayu tersebut terlihat miring, tak satupun penumpang yang mangkal di ruang tunggu tersebut. Kebanyakan penumpang duduk-duduk di dermaga kayu selebar dua meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, miringnya ruang tunggu tersebut terjadi pada awal ramadhan lalu. Pihak LLASDP akhirnya berinisiatif membangun tenda darurat untuk penumpang bersantai menunggu pemberangkatan "speedboat".

Salah satu penumpang, Samsudin, warga Sungai Dualap mengeluhkan kondisi pos tersebut, karena padatnya penumpang pascalebaran ini, dirinya harus mengantri di bibir dermaga tersebut. "Di tenda tersebut sudah penuh, terpaksa kita menunggu di luar duduk di luar dermagaa," katanya.

Selain kondisi dermaga kayu yang mulai lapuk, saat air surut, penumpang terpaksa menggunakan tali untuk menurunkan barang.

Secara terpisah, Kepala UPTD LLASDP Kualatungkal M Arsyad yang dikonfirmasi tidak membantah parahnya kondisi dermaga LLASDP tersebut. Miringnya ruang tunggu penumpang akibat kayu penopang sudah turun.

Pos tunggu tersebut dibangun secara swadaya oleh warga beberapa tahun lalu, namun tidak mampu bertahan lama, karena dibuat seadanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Tanjabar Endang Surya menjelaskan, bangunan permanen LLASDP saat ini masih dalam pengerjaan melalui anggaran pusat sekitar Rp7 miliar pada tahun lalu, dan tahun ini digelontorkan kembali sekitar Rp7 miliar.

Bangunan LLASDP akan dilengkapi dengan pelabuhan apung, ruang tunggu penumpang dan bangunan megah lainnya, saat ini masih tahap dua, ada dua tahap lagi yang belum selesai, katanya.

Mengenai ruang tunggu yang miring, Endang tak berkomentar banyak, dia hanya minta penumpang bersabar menunggu bangunan permanen rampung dibangun.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014