Jambi (ANTARA Jambi) - Sekalipun Pemkab Tanjung Jabung Barat telah mengeluarkan himbauan, namun puluhan elpiji ukuran 3 Kg masih dijual keluar kabupaten sehingga menimbulkan kelangkaan.

Berdasarkan pantauan hingga Selasa, puluhan elpiji yang dikhususkan warga tidak mampu itu dibawa dan diangkut dengan kendaraan air menuju Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Di pelabuhan Kualatungkal terlihat puluhan elpiji 3 Kg tegah dimuat ke sebuah kapal penumpang dengan tujuan Pangkal Duri Kabupaten Tanjabtim.

Berdasarkan pengakuan pemilik bahwa tabung gas itu dibeli di salah satu pengecer di Kota Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat (Tanjabar).

Buruh angkut yang memuat gas mengaku tidak mengetahui secara pasti gas ini akan dikirim kemana, yang jelas gas ini akan dibawa ke Pangkal Duri. "Saya cuma mengantarkan, bos yang ngatur mau dikirim kemana," katanya.

Hal yang sama juga terlihat di pelabuhan Tangga Raja Ulu, tepatnya di Pelabuhan Parit Satu. Puluhan elpiji 3 Kg juga terlihat memadati kapal motor tujuan Pulau Guntung, Kepulauan Riau dan sekitarnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Tanjabar Safriwan beberapa waktu lalu mangatakan, untuk menutupi kebutuhan elpiji 3 Kg bagi masyarakat Kualatungkal, Pemkab menambah pasokan mencapai 87 ribu tabung perbulan.

Jumlah tersebut dinilai sudah cukup untuk menutupi kebutuhan masyarakat di Tanjabar, bahkan daerah ini juga sudah menambah 20 ribu tabung baru-baru ini.

Safriwan juga menegaskan, jika pasokan elpiji mengalami kelangkaan maka pihaknya dan dinas terkait akan melakukan sidak untuk mengetahui penyebab kelangkaan gas tersebut.

"Jika terjadi kelangkaan kerena ulah pedagang yang tidak mengindahkan himbauwan kita maka akan diberikan sanksi dan teguran keras," tambahnya.

Secara terpisah, Sekda Tanjabar Muklis saat dikonfirmasi mengakui sulit melakukan pengawasan, karena wilayah Tanjabar sangat terbuka.  Namun pihaknya akan mengevaluasi kembali dan juga segera meminta tim dan asisten terjun ke lapangan.

Berdasarkan informasi, pada hari lebaran, warga Tanjabar khususnya di Kota Kuala Tungkal sulit mendapatkan elpiji 3 Kg.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014