Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Jambi sebesar 12 persen pada 2015 dari tahun sebelumnya sebanyak 10.910 Wisman.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Edi Erizon di Jambi, Rabu, menyebutkan tahun 2013 wisman yang berkunjung ke sejumlah objek wisata andalan di beberapa kabupaten dan kota di Jambi sebanyak 9.199 orang.

"Tahun ini kita targetkan wisman ke Jambi naik 12 persen dari tahun sebelumnya. Kita berupaya meningkatkan pertumbuhan di sektor pariwisata," kata Edi.

Sedangkan untuk wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke Jambi tahun 2013,  Edi menyebutkan sebanyak 1.434.130 orang dan tahun 2014 naik menjadi 1.577.543 orang.

Untuk wisnus, Dinas Pariwisata menargetkan kenaikan di atas target kunjungan wisman. Peningkatan itu diyakini tercapai mengingat sudah dibangunnya dua ikon baru Jambi, yakni jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy.

Pemerintah Provinsi Jambi katanya terus berupaya meningkatkan sektor kepariwisataan, sebab di Jambi banyak potensi wisata yang diyakini bisa mendunia.

Dijelaskannya, Jambi memiliki objek wisata andalan yang disebut lima TER. Yakni gunung tertinggi di Sumatera (Kabupaten Kerinci), Danau 7 Kaco tertinggi plus kebun Teh Terluas (Kerinci), Geopark Merangin terluas (Merangin), sungai Batanghari terpanjang di Sumatera dan Candi terluas (Muarojambi).

"Jambi memiliki potensi wisata yang sangat potensial, ke depan ini terus kita kembangkan untuk menarik wisatawan  berkunjung ke Jambi," jelasnya.

Selain itu, upaya lain untuk menggaet wisatawan adalah meningkatkan infrastruktur dan penyedian jasa, diantaranya peningkatan Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi, pembangunan jalan dan jembatan serta pelayanan di sektor perhotelan.

Edi juga menyakini dari tahun ke tahun wisatawan yang datang ke Jambi untuk menikmati objek wisata akan terus meningkat.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015