Jambi (ANTARA Jambi) - Renovasi asrama haji di Kota Baru, Jambi, selesai 100 persen untuk menunjang kesiapan sebagai Embarkasi Haji Antara mulai tahun ini.

"Renovasi bangunan sudah siap 100 persen, kamar, aula, air dan listrik sudah siap, tinggal  pelaksanaannya," kata Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jambi, Herman di Jambi, Sabtu.

Dia mengungkapkan, kapasitas asrama haji sebelumnya hanya mampu menampung sekitar 300 orang atau kurang dari satu kloter jamaah. Pascarenovasi, asrama haji akan mampu menampung satu setengah kloter atau sekitar 500 jamaah.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini, sebanyak 2.108 orang calon jamaah haji (CJH), kata Herman, bakal diberangkatkan melalui Bandara Sultan Thaha menuju Bandara Hang Nadim Batam sebelum bertolak ke Madinah. Jamaah akan diberangkatkan dengan lima kloter.

Pemberangkatan kloter pertama seluruh Indonesia yakni pada 20 Agustus mendatang, sementara untuk jadwal CJH Jambi masuk ke asrama haji diperkirakan di bulan Agustus, namun kepastiannya belum turun dari Kemenag RI.

Dengan resminya Bandara Sultan Thaha Jambi sebagai Embarkasi Haji Antara maka seluruh proses pemeriksaan mulai dari kesehatan, dokumen dan pemeriksaan lainnya langsung diurus di Jambi. Peralatan mulai untuk pemeriksaannya telah tersedia di asrama haji Kota Baru.

"Termasuk nanti cap stempel dari imigrasi kita harapkan bisa dilakukan di sini, kita sudah negoisasi dengan imigrasi Batam, atau dari mereka petugasnya ke sini untuk mencap stempel imigrasi," kata Herman.

Penyelenggaraan haji tahun ini memang berbeda karena Jambi sudah menjadi embarkasi haji antara, CJH asal Jambi nantinya hanya transit di Batam dan tidak mengurus seluruh prosedurnya seperti jemaah tahun lalu.

Selain itu, pemberangkatan pesawat ke Tanah Suci yang menggunakan Pesawat Garuda Indonesia bisa langsung turun di Madinah, tidak seperti sebelumnya yang turun di Jeddah dan membutuhkan waktu sekitar enam jam menempuh perjalan darat untuk sampai ke Madinah.

"Dengan perjalanan baru ini stamina fisik jamaah bisa lebih bugar untuk menjalankan ibadah haji," kata Herman. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015