Jambi (ANTARA Jambi) - Banyak siswa di Jambi yang memilih mengunakan laptop pribadi untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama berbasis komputer atau Computer Base Test (CBT).

"Untuk UN dengan sistem CBT pada hari pertama, pihak sekolah mempersilakan kepada peserta untuk memilih menggunakan PC atau Laptop. Yang jelas kami sudah mempersiapkan sarana dan prasarana yang memungkinkan tergantung keinginan siswanya, mana yang mereka anggap mudah," kata kepala Sekolah SMPN 7, Budiyanto, di Jambi, Senin.

Dia mengatakan, dari seluruh SMP di Provinsi Jambi yang mengikuti UN, hanya SMPN 7 Kota Jambi yang melaksanakan UN berbasis komputer atau tidak mengunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

"Di Jambi hanya SMPN 7 dengan sistim CBT. Keseluruhan siswa SMPN 7 yang mengikuti UN itu sebanyak 293 siswa, dan semuanya berjalan lancar," katanya.

Pelaksanaan UN CBT di SMPN 7, kata Budiyanto, dibagi tiga sesi, yang pertama pagi hari, kedua siang dan ketiga pada sore hari.

Sementara guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik saat berlangsungnya ujian, pihak sekolah tersebut juga telah menyiapkan generator set atau genset yang 'standby'.

"Kami sewa genset karena takut nanti listrik mati, kalau laptop mungkin tidak masalah, tapi kalau fasilitas dalam ruangan seperti ac, itu kalau mati tentu sangat mengganggu kenyamanan siswa," kata Budiyanto.

Salah satu siswa SMPN 7, Seldy, ketika dikonfirmasi usai melaksanakan UN CBT dengan mengunakan laptop mengaku merasa nyaman dan mudah dalam mengerjakan soal.

"Saya ikut UN tadi pakai laptop sendiri, karena lebih mudah, cepat enak juga dipakai, kalau pakai komputer itu terkadang lama," katanya.

Pantauan di lapangan, hari pertama UN CBT di SMPN 7 Kota Jambi juga ditinjau langsung oleh Wali Kota Fasha dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Syaiful Huda.

Karena dinilai dapat mengganggu kenyamanan siswa jika mereka masuk kelas, dua pejabat itu hanya memantau siswa yang sedang ujian melalui CCTV yang dipasang pihak sekolah.

Sementara pantauan UN mengunakan LJK di beberapa sekolah di Jambi juga berjalan lancar tanpa kendala apapun. Sedangkan siswa SMP se-Provinsi Jambi yang mengikuti UN berjumlah 57.008 orang. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015