Jambi (ANTARA Jambi) - Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jambi, menunjuk dan menugaskan enam personilnya sebagai Bhabinkamtibmas perairan untuk mendukung dan mengoptimalisasikan pilar pembangunan khusus program poros maritim.

"Dengan harapan kehadiran Bhabinkamtibmas di pesisir akan ada sosok aparat hukum yang mampu membangun komunikasi dengan aparat pemerintah desa serta seluruh lapisan masyarakat," kata Direktur Ditpolair Polda Jambi Kombes Pol Yulius Bambang di Jambi Sabtu.

Ke enam  wilayah yang ditempatkan Bhabinkamtibmas adalah Kuala Tungkal, Nipah Panjang, Kampung Laut, Suak Kandis, Angso Duo dan Danau Kerinci.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas perairan adalah mendatangi pemerintah desa, ketua RT, tokoh masyarakat,  agama, adat, pemuda, kelompok swadaya masyarakat, pihak swasta, nelayan dan warga lainnya yang bertujuan  membangun komunikasi dengan semua pihak.

Kemudian melakukan atau mengidentifikasi permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat serta mencari solusinya, jelas dia.

Selain itu Bhabinkamtibmas diharuskan aktif dalam setiap kegiatan kemasyarakatan baik sosial, budaya, keagamaan maupun kegiatan lainnya dengan maksud agar kehadirannya di peraian dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Yulius Bambang juga menjelaskan, kegiatan lain yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas perairan adalah berdialog dan Focus Group Discussion(FGD) dengan masyarakat guna menyerap keinginan dan harapan wargat baik terhadap pemerintah, Polri maupun kepada pihak lain.

"Itu semua diharapkan nantinya para Bhabinkamtibmas menjadi fasilitator dan mediator dalam  menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut," kata dia.

Kehadiran Bhabinkamtibmas di wilayah perairan diharapkan mampu menghadirkan sosok ditengah masyarakat pesisir yang jarang tersentuh oleh polisi, kata Yulius Bambang. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015