Jambi (ANTARA Jambi) - Puluhan penyandang disabilitas dari sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi mendapat bantuan kursi roda, dan kaki palsu.

"Bantuan kepada penyandang disabilitas ini kami peroleh dari pengusaha di Jakarta yang identitasnya tidak mau disebutkan," kata Hj Yusniana, isteri Gubernur Jambi Hasan Basri Agus di Jambi, Sabtu.

Bantuan kepada penyandang disabilitas itu berupa sebanyak 85 unit kursi roda, dan tongkak serta kaki palsu tercatat 20 buah.

Untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Kerinci akan diserahkan delapan unit kursi roda, Merangin (tiga buah), Sarolangun  (enam buah), Muaro Bungo (empat buah), Batanghari (enam buah), Murojambi (tiga unit).

Selanjutnya Tanjung Jabung Barat satu unit, dan Kota Jambi sebanyak 54 unit. Kemudian bantuan kaki palsu dan tongkat untuk masyarakat Kota Jambi sebanyak 20 buah. Total penerima bantuan itu sebanyak 105 orang.  

Yusniana HBA menyampaikan terima kasih para donatur yang telah memberikan bantuan secara sukarela kepada para penyandang disabilitas khususnya di Provinsi Jambi.

"Masih banyak penyandang disabilitas yang membutuhkan upaya pemberdayaan dan uluran tangan kita," kata dia menjelaskan.

Bantuan ini, kata dia, merupakan ketulusan donaturkelahiran Jambi  yang berdomisili di Jakarta membuka uluran tangan membantu dengan tulus  orang miskin di Provinsi Jambi untuk berobat gratis di Jakarta.

Selain  memfasilitasi serta memberikan bantuan dana pengobatan bagi masyarakat Jambi untuk berobat di Jakarta, donator tersebut juga membantu pendidikan bagi anak kurang mampu yang berprestasi guna melanjutkan pendidikan sampai jenjang S1, kata Yusniana.

Ia juga menyatakan diperlukan program pemberdayaan, dan pembinaan nagi penyandang disabilitas sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang mampu mengatasi masalah secara mandiri. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015