Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 193.585 warga Kota Jambi belum mengantongi Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), karena masih banyak terdapat data ganda sehingga belum bisa dilakukan pencetakan.

"Warga yang bermukim di Kota Jambi juga banyak merekam e-KTP di tempat asalnya, namun ketika ke Jambi mereka melapor belum dapat, tapi setelah direkam datanya menjadi ganda," kata pejabat pemerintah setempat Masrul di Jambi, Senin.

Kepala Seksi Penyediaan Informasi Data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jambi itu, menjelaskan untuk yang usianya menginjak 17 tahun atau wajib memiliki e-KTP di Kota Jambi sebanyak 528.032  orang, sementara saat ini yang sudah dicetak baru 334.447 e-KTP.

"Artinya sisanya itulah yang belum memiliki e-KTP. Target kita ya sesuai Kemendagri bahwa Desember 2015 semua warga harus miliki e-KTP," kata Masrul menjelaskan.

Dia mengatakan, terkait sistem jaringan dan blanko sampai saat ini tidak ada masalah. Kalau blanko habis pihaknya akan melapor untuk segera diminta pendistribusiannya dari pusat.

"Saat ini stok kita masih ada sekitar 200 blanko e-KTP, dan setelah lebaran ini akan didistribusikan lagi," katanya.

Terkait soal tidak berlakunya KTP manual, Masrul mengatakan, bagi warga yang masih memiliki KTP manual agar segera mendatangi Dinas Dukcapil untuk menukarkan KTP manual dengan e-KTP.

"Secara surat edaran tidak berlaku lagi dan ini kita sarankan yang masih memiliki KTP manual untuk bisa datang ke Dinas Dukcapil," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan, pihaknya tetap mengimbau warga yang belum memiliki e-KTP untuk segera merekam di Dukcapil.

"Ya dulu kan blanko itu sempat tersendat dari pemerintah pusat, sementara kita cuma menghabiskan blanko yang hanya di kirim dari pusat, sehingga saat ini jadi banyak numpuk," kata Fasha.

Selain itu, ia juga mengingatkan Kepala Dinas Dukcapil untuk mendata mata pilih yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan gubernur Desember 2015. (Ant)

Pewarta: Gressi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015