Jambi (ANTARA Jambi) - Wali Kota Jambi Syarif Fasha meminta maaf kepada orang tua siswa sehubungan dengan keterlambatan pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur dalam jaringan.

"Keterlambatan pengumuman PPDB ini dikarenakan sistem yang 'error', dan membludaknya pendaftar yang mencapai 17 ribu," kata Fasha usai menghadiri acara penyerahan zakat di Jambi, Kamis.

Fasha menungkapkan bahwa dirinya sudah memanggil kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Pelayanan Data Elektronik (PDE) untuk menanyakan langsung permasalahan yang terjadi.

"Ini 'kan sistem. Jadi, tunggu selesai, semua baru bisa diumumkan, tetapi itu tadi yang mendaftar membludak dan datanya juga ada yang sekolah di luar kota, tetapi alamatnya di Kota Jambi, sehingga ini yang membuat prosesnya lambat," kata Fasha menjelaskan.

Adanya keterlambatan itu, pihaknya juga telah menginstruksikan panitia seleksi agar meng-'update' dan mengumumkan data siswa yang lulus dan tidak lulus setelah sistem kembali normal.

Untuk siswa yang tidak lulus melalui jalur "online" tersebut bisa mendaftarkan lagi melalui jalur "offline", pasalnya pendaftaran jalur dalam jaringa benar-benar harus mampu bersaing.

"Kalau jalur 'online' ini 'kan memang diadu nilainya dan bersaing. Saya sudah ingatkan setelah tidak lulus di 'online', daftar lagi melalui 'offline'," kata Fasha.

Pengumuman kelulusan PPDB tersebut dijadwalkan pada Rabu (8/7) pukul 14.00 WIB, namun mundur sehingga orang tua siswa kecewa. Pengumuman itu dilaksanakan Kamis pukul 03.00 WIB. (Ant)

Pewarta: gressi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015