Jambi (ANTARA Jambi) - Tim penjaringan dan penyaringan menetapkan kriteria calon Ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jambi untuk periode 2016-2020.

Wakil Ketua tim penjaringan dan penyaringan, Syaiful Bahri Hasibuan  di Jambi, Selasa, mengatakan tim telah menentapkan draf kreteria dan persyaratan administrasi untuk bakal calon Ketua KONI Jambi.

Selain itu tim juga telah menyetujui penyusunan draf tata tertib penjaringan dan penyaringan serta tinggal ditandatangani berita acaranya. Musda KONI Jambi akan digelar November 2015.

Kreteria calon tersebut diantaranya adalah berusia tidak lebih dari 70 tahun dan tidak kurang dari 30 tahun pada saat pendaftaran, kemudian mempunyai kemampuan managerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola KONI Provinsi Jambi.

Selanjutnya, mempunyai visi dan misi serta menyatakan pengunduran diri dari jabatan dari organisasi olahraga apabila terpilih sebagai ketua umum.

Selain itu bisa mendapatkan minimal 10 surat dukungan dari anggota KONI Provinsi Jambi untuk satu calon. Akan tetapi apabila surat dukungan anggota KONI Provinsi mendukung lebih dari satu bakal calon maka seluruh dukungan dibatalkan.

Kemudian calon juga harus bisa dan mampu bekerja sama dengan badan-badan keolahragaan tingkat regional dan internasional serta tidak tercela atau tidak dalam terkena vonis hukuman daari pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Sedangkan untuk persyaratan administrasi, kata Saiful, calon yang akan mendaftarkan diri harus memenuhi persyaratan yakni membuat surat pernyataan kesediaan, daftar riwayat hudup dan melampirkan surat keterangan berbadan sehat dari dokter.

selanjutnya melampirkan KTP, foto 4x6 sebanyak 2 lembar dan membuat surat pernyataan tidak tercela atau tidak dalam terkena vonis hukuman  dari pengadilan.

Kemudian membuat surat pernyataan tidak sedang menjadi tim penjaringan dan peyaringan calon ketua umum KONI,'' kata Syaiful Bahri.

Sementara itu, untuk waktu pendaftaran calon Ketua Umum KONI Jambi, akan dibuka mulai 1 Agustus hingga 14 September 2015 yang nanti akan diverifikasi tim pada 16-19 Septermber dan kemudian dimajukan pada Musda KONI di November mendatang. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015