Jambi (ANTARA Jambi) - Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Jambi meminta semua pihak ikut mengawal agar pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada)  di provinsi ini bisa berjalan lancar, aman dan sukses.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada di Jambi berjalan lancar, aman dan tertib. Karenanya itu kita meminta  semua pihak dapat mengawal tahapan pemilu serentak ini," kata  Ketua Bawaslu Jambi Fauzan Khairazi di Jambi, Selasa.

Pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 akan  memilih pasangan gubernur/wakil gubernur Jambi serta empat bupati/wakil bupati dan satu wali kota/wakil wali kota di provinsi itu.

Fauzan juga menjelaskan, Bawaslu terus berupaya meminimalisir terjadinya gesekan politik antara para kandidat, khususnya dua pasangan calon gubernur/wakil gubernur Jambi yang telah mendaftarkan diri ikut serta dalam Pilkada nanti.

Khusus untuk calon gubernur/wakil gubernur yakni pasangan Zumi Zola Zulkifli/Fachori Umar dan Hasan Basri Agus/Edi Purwanto, Ketua Bawaslu menyatakan mereka sudah sepakat untuk menjadikan Pilkada nanti dengan tenteram, dan damai.

"Kita dari awal sudah meminta pasangan calon gubernur/wakil gubernur dan parpol pengusung serta pendukung agar berkompetisi secara sehat, sehingga pesta demokrasi di Jambi bisa berjalan tanpa  terjadi konflik politik," kata Fauzan menambahkan.

Ia juga mengimbau,  kedua pasangan calon dan partai politik pengusung serta pendukung dalam berkampanye dan setiap  kegiatan politk agar mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Berkampanye dengan damai dan harus disampaikan secara santun, tidak keluar dari ketentuan. Kedua pasangan calon juga harus menjaga tim sukses dan simpatisanya masing-masing agar tidak terprovokasi," Katanya.

Kedepan kata Fauzan, Bawaslu Jambi juga akan mengadakan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat, seperti tokoh adat, dan agama, tujuannya adalah berpartisipasi mewujudkan Pilkada aman dan lancar di Jambi.

Selain calon gubenur/wakil gubernur Jambi, Pilkada serentak di provinsi itu juga akan memilih pasangan bupati/wakil bupati yakni untuk Batanghari, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Bungo serta wali kota/wakil wali kota Sungai Penuh. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015