Jambi(ANTARA Jambi) - Maskapai pengangkut jamaah calon haji (CJH) Jambi yang akan diberangkatkan September tahun ini ternyata belum ditender karena masih kekurangan anggaran.

"Belum bisa tender karena APBDP 2015 belum diketok, DPRD Provinsi Jambi baru akan melaksanakan paripurna pengesahan Jumat (31/7). Dan jika tidak ada halangan tender akan dilakukan Senin bulan depan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi Sri Sapto Edi di Jambi, Rabu.

Kekurangan anggaran itu yakni untuk biaya domestik pemberangkatan jamaah dari Jambi ke Batam. Untuk biaya domestik Pemprov Jambi baru menganggarkan Rp1,6 juta per orang. Sedangkan estimasi anggaran yang diperlukan per orang termasuk biaya makan selama transit di Batam sebesar Rp3,3 juta per orang. Sebab itu di APBDP 2015 Pemprov menganggarkan kembali.

"Hingga saat ini, ada empat Maskapai yang sudah mengajukan untuk mengangkut CJH Jambi. Tawaran terendah dari dari empat Maskapai itu Rp3,5 juta per orang. Segera ditetapkan siapa pemenang tendernya nanti. Kita tunggulah pengesahan APBDP dulu," kata Sapto.

Sebanyak 2.108 CJH Jambi yang akan diberangkatkan tergabung dalam lima kloter. Kloter dua, kloter 16, kloter 17, kloter 19 dan kloter 20. Di kloter 20, JCH Jambi digabungkan dengan JCH Kepulauan Riau (Kepri) dari Batam menuju Saudi Arabia.

Sementara itu, Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, H Herman mengatakan, ada 35 CJH yang tidak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap dua.

Kemudian 35 CJH itu langsung diisi oleh CJH cadangan yang berjumlah 105 CJH dan mereka sudah melunasi BPIH. Akan tetapi, Kemenag Jambi masih menunggu regulasi yang akan dikeluarkan oleh Kementerian.

Sebelum diberangkatkan, Kemenag Jambi melakukan renovasi asrama haji di Kota Baru Jambi untuk persiapan keberangkatan. Menurut Herman renovasi sudah 98 persen dan tinggal finishing saja.

Sebelum direnovasi kapasitas asrama haji hanya mampu menampung 300 orang CJH. Jumlah itu kurang dari 1 kloter. Usai direnovasi asrama haji mampu menampung CJH 500 orang. Asrama haji sudah siap sebelum CJH Jambi diberangkatkan," kata Herman. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015