Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jambi, menetapkan dua pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur yang akan maju di Pilkada serentak 9 Desember 2015 karena kedua pasangan itu dinyatakan memenuhi syarat.

Ketua KPUD Jambi M Subhan di Jambi, Senin, mengatakan, berdasarkan rapat pleno, syarat kedua calon gubernur/calon wakil gubernur itu yakni pasangan Zumi Zola Zulkifli/Facrori Umar dan Hasan Basri Agus/Edi Purwanto telah terpenuhi.

"Sebelumnya dua pasangan ini sudah mendaftar dan mengikuti tahapan-tahapan, dan sekarang kedua pasangan tersebut sudah sah ditetapkan menjadi peserta Pilkada serentak. Dan besok (25/8) dua pasangan itu akan mencabut nomor undian," kata Subhan.

Dia menjelaskan, saat proses penentuan nomor urut tersebut, kedua pasangan calon yang wajib mencabut undiannya, setelah itu akan dimulai tahapan kampanye.

"Kampanye tersebut akan dimulai tanggal 27 Agustus hingga 5 Desember 2015, atau selama tiga bulan 10 hari. Artinya proses kampanye tersebut mempunyai waktu yang panjang," katanya menjelaskan.

Dengan waktu kampanye yang panjang tersebut, pihaknya berharap kepada kandidat untuk mengurangi kampanye yang bersifat simbolik, melainkan harus terjun kemasyarakat yang sesuai undang-undang yang berlaku.

"Kampanye yang bersifat simbolik harus dikurangi, silahkan temui masyarakat baik di permukiman, di pasar dan di ladang," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada kedua pasangan calon agar berkampanye secara edukatif, yaitu dengan cara turun langsung untuk meyakinkan masyarakat dengan visi-misi program masing-masing.

"Kampanye lah secara edukatif, jangan saling memfitnah dan menjatuhkan satu sama lain, yakinkan ke masyarakat dengan harapan meningkatkan partisipasi pemilih," katanya menambahkan.

Sementara itu, ketua tim pemenangan pasangan Zumi Zola Zulkifli/Fachrori Umar,  Madel mengatakan, setelah penetapan tersebut, pihaknya akan berkerja sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan berjanji tetap mengawal pemilu agarp kondusif.

"Setelah penetapan ini, yang paling penting adalah melanjutkan ketahap selanjutnya, sehingga Pilkada ini nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat dengan gembira dan mari kita kawal sama-sama," kata Madel.

Sedangkan Tim pemenangan Hasan Basri Agus/Edi Purwanto, Effendi Hatta mengatakan, pihaknya bersama dengan kedua tim pemenangan berkomitmen akan menjaga Pilkada tersebut agar tetap aman dan tertib sesuai yang diamanahkan oleh KPU.

"Artinya kalau kami keluar dari koridor, tolong diingatkan, kita sudah komitmen untuk tetap menjaga proses Pilkada serentak ini, supaya tetap aman dan damai," kata Effendi Hatta. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015