Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, membangun sebanyak 100 unit rumah untuk nelayan di Kecamatan Kuala Jambi untuk mensejahterakan mereka.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Tanjabtim, Afriboy Candra, di Tanjabtim, Kamis, mengatakan sebanyak 100 rumah untuk nelayan itu dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PERA) dan Tanjabtim hanya menyediakan lahan seluas satu hektare.

"Karena pembangunan perumahan ini melalui dana APBN, maka proses pelelangan dilakukan di pusat," kata  Afriboy Candra.

Afriboy mengatakan, sebelum pembangunan dilakukan, Dinas PU Tanjabtim akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat.

Dia mengungkapkan, lokasi pembangunan perumahan untuk nelayan itu cukup luas, sebab itu Dinas PU Tanjabtim juga berencana membangun rumah nelayan sebagai program lanjutan.

"Luas lahan untuk perumahan nelayan itu sekitar enam hektar, jika dibangun 100 unit rumah berarti hanya butuh satu hektar. Dan lima hektare sisanya kita upayakan bangun rumah lagi pada tahun depan," katanya menjelaskan.

Dibangunnya perumahan untuk nelayan di Tanjabtim itu kata Afriboy berdasarkan profosal yang diajukan Pemkab setempat ke KemenPU-PERA.

"Awalnya Tanjabtim mendapat bantuan 200 unit rumah, karena dibagi dengan Kabupaten Tanjab barat, maka bantuan perumahan nelayan menjadi 100 unit," katanya.

Dia juga berharap, perumahan yang dibangun nantinya betul-betul dapat dimanfaatkan oleh nelayan yang layak memiliki.

"Bantuan perumahaan ini kita harapkan dapat membantu dan mensejahterakan para nelayan di Tanjabtim yang memang membutuhkan," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015