Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi menyiapkan 500 kupon daging untuk masyarakat Jambi yang dapat ditukarkan saat pemotongan hewan kurban pada hari Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah, Kamis (24/9).

"Kupon tersebut bisa ditukarkan dengan daging kurban yang akan disembelih selepas melaksanakan sholat Ied di Mesjid Al-Falah," kata Kepala Bagian Kesra dan Haji Setda Provinsi Jambi Syarifuddin di Jambi, Selasa.

Namun Syarifuddin belum bisa memastikan berapa ekor sapi dan kambing yang akan dipotong oleh Pemprov pada Idul Adha besok sebab masih menunggu apakah ada lagi yang mau berkurban.  

"Yang pasti ada bantuan dari Presiden satu ekor sapi. Sekarang sapi itu dititipkan di peternakan Mayang Kota Jambi. Itu sebenarnya bantuan, tapi karena momennya pas dengan lebaran haji, jadi dijadikan untuk tambahan hewan kurban Pemprov," katanya menjelaskan.

Menurut Syarifuddin, jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah kupon yang akan dibagikan tahun ini lebih sedikit.

Tahun lalu Pemprov membagikan 800 kupon kepada masyarakat miskin di kota Jambi.

Namun jumlah kupon saat ini katanya bisa saja berubah, tergantung jumlah hewan kurban dan ukuran fisik hewan tersebut.

"Tahun lalu ada enam sapi dan dua kambing yang dipotong. Kupon 800 lebih. Tahun ini kita sediakan 500 kupon, tapi bisa jadi nanti akan bertambah," katanya.

Mekanisme pembagian daging sama dengan tahun 2014 dimana kupon itu akan diserahkan ke ketua RT sekitar mesjid lalu Ketua RT membagikan ke masyarakat.

"Karena ketua RT yang tahu siapa yang berhak mendapatkan kupon. Tapi yang jelas ada ribuan umat Islam di Provinsi Jambi yang akan sholat di Mesjid Agung Al-Falah tesebut," katanya.

Kupon itu sendiri direncanakan dibagikan Rabu (23/9) dan ketua RT langsung mendistribusikan kupon ke masyarakatnya.

Namun belum diketahui berapa kilogram daging yang akan didapat masyarakat pemegang kupon. Pemotongan sendiri langsung dilaksanakan selepas Sholat Ied di Mesjid Al-Falah dan disaksikan Gubernur Jambi. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015