Jambi,  (ANTARA JAmbi) - Dua calon Gubernur (Cagub) Provinsi Jambi mengikuti debat publik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jambi, Sabtu malam.

Dua calon gubernur Jambi yang mengikuti debat publik tersebut adalah Hasan Basri Agus (HBA) calon nomor urut satu dan Zumi Zola Zulkifli calon nomor urut dua.

"Kami berharap debat ini jangan saling menjatuhkan dan menyalahkan antarsesama calon, sehingga masyarakat bisa mendapat gambaran utuh untuk menentukan pilihannya," kata Ketua KPUD Provinsi Jambi M Subhan di Jambi, sabtu.

Menurut dia, dalam debat publik tersebut ada enam segmen debat yang langsung dimoderatori oleh akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Bambang Purwoko

"Debat ini harus lebih subtansif dan juga mengedepankan visi-misi keduanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti meningkatkan pelayanan publik dan program-program lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, dilaksanakannya debat publik tersebut sebagai bekal masyarakat untuk menentukan pilihan, untuk itu masyarakat diminta mencermati program-program yang akan diberikan oleh kedua calon.

"Dengan debat ini, kami berharap masyarakat bisa mencermati program kedua kandidat tersebut dan ini nantinya dalam menentukan pilihannya untuk lima tahun ke depan," kata Subhan menjelaskan.

Dia mengungkapkan, dalam penutupan debat yaitu pada segmen ke-enam kedua calon diberikan kesempatan untuk saling bertanya.

Sementara itu, untuk menghindari geseskan massa dan demi keamanan serta kelancaran debat publik itu. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Brigjen Lutfi Lubihanto meninjau langsung ke lokasi debat.

"Untuk pengamanan debat publik ini, kita menerjunkan sebanyak 450 personil dari Polda dan juga dari Polres," kata Kapolda Jambi.

Selama debat berlangsung kedua simpatisan dan pendukung juga saling menyerukan yel-yel mereka masing-masing. Debat pun berjalan lancar sesuai arahan moderator.

Pewarta: Gressi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015