Jambi (ANTARA Jambi) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi mendistribusikan sebanyak 10.450 Kartu Indonesia Sehat (KIS) tahap pertama untuk warga yang tidak mampu di Kota Jambi.

"Ini merupakan program pemerintah untuk percepatan penanggulangan kemiskinan bagi masyarakat yang sulit untuk berobat karena terkendala biaya," kata Kepala Unit SDM dan Umum pada BPJS Kesehatan, Nelwati di Jambi, Senin.

Dia menjelaskan pendistribusian KIS tahap pertama itu telah melalui verifikasi dan penerima betul-betul warga yang tidak mampu sehingga nantinya jika sakit bisa digunakan utuk berobat di tempat pelayanan kesehatan.

Nelwati merinci dari delapan kecamatan yang mendapatkan KIS tersebut di antaranya Kecamatan Telanaipura 1.209 jiwa, Pelayangan 1.193 jiwa, Pasar 695 jiwa, Kota Baru 2.849 jiwa, Jelutung 2.549 jiwa, Danau Teluk 1.585 jiwa, Jambi Timur 132 jiwa dan Jambi Selatan 274 jiwa.

"Penditribusian ini disepakati melalui perangkat kecamatan, kemudian kelurahan mendistribusikan lagi kepada masyarakat. Paling lambat akhir Oktober ini sudah didistribusikan," katanya.

Selain itu, BPJS Cabang Jambi juga mendistribusikan KIS yang meliputi Kabupaten Batanghari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur serta Kota Jambi dengan total sebanyak 108.000 jiwa.

"Untuk wilayah kerja kami, yaitu Provinsi Jambi wilayah timur, total sebanyak 108.000 KIS tahap I yang sudah kami distribusikan," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi Abdullah Sani mengatakan masyarakat tidak mampu yang telah menerima KIS tersebut agar bisa menggunakannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

"Kami berharap kartu ini agar dipergunakan sebaik-baiknya," kata Abdullah Sani.

Dijelaskannya target untuk Kota Jambi penerima KIS sebanyak 141.000 jiwa.

Pewarta: Gressi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015