Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi akan mengadakan festival film sebagai upaya untuk mendorong industri kreatif perfilman di daerah itu.

Kepala Bidang Film pada Disbudpar Provinsi Jambi Didin Sirojudin mengatakan bahwa selama ini film dari anak-anak Jambi belum begitu menggeliat dan belum pernah masuk pasar industri kreatif film komersial, padahal potensi industri keratif perfilman itu sudah ada.

"Festival Film Jambi ini untuk menampung aspirasi para sineas Jambi dan juga mendorong agar industri kreatif dibidang perfilman tumbuh di Jambi," katanya di Jambi, Kamis.

Festival Film Jambi tersebut, kata dia, rencananya diadakan bersamaan dengan Festival Batanghari. Dalam Festival Film tersebut, akan dibagi menjadi dua kategori, yakni film dokumenter dan film fiksi dengan memperebutkan hadiah total Rp30 juta.

"Festival film ini akan diadakan berbarengan dengan Festival Batanghari dan dibuka untuk umum, siapa pun boleh ikut dan untuk pendaftaranya tidak dipungut biaya," katanya menjelaskan.

Dalam Festival Film tersebut, pemerintah juga bekerja sama dengan Forum Film Jambi (FFJ) dan sejumlah penggerak film Jambi serta akan mengundang sejumlah komunitas film dari luar Provinsi Jambi.

"Dalam Festival Film Jambi ini kami juga mendatangkan dua juri dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), yaitu Gerson Ayamaila dan Naswan Iskandar," katanya.

Meskipun Festival Film tersebut diadakan bersamaan dengan Festival Batanghari, ke depan pihaknya berharap festival film tersebut bisa diadakan pada "event" tersendiri.

"Karena festival film yang diadakan pemerintah baru pertama kali ini, ke depan kami berharap ada 'event' tersendiri, misalnya festival film ini diadakan di Jambi pada Hari Film Nasional," katanya. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015