Jambi (ANTARA Jambi) - Kapolda Jambi Brigjen Pol Lutfi Lubihanto menginstruksikan seluruh polres dan polresta di Jambi agar menyiapkan rumah singgah untuk mengevakuasi korban asap.

Setiap Polres dijajaran Polda Jambi diinstruksikan untuk menyiapkan lokasi evakuasi berupa rumah singgah yang dilengkapi dengan peralatan dan tenaga medis, kata Juru Bicara Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi, di Jambi, Selasa.

Hal ini dilakukan agar peran polisi di setiap daerah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat terutama yang kena kabut asap.

Rumah singgah sebagai pelayanan terhadap korban kabut asap, katanya.

Polda Jambi telah menyiapkan tiga rumah singgah di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi, gedung Siginjai Polda Jambi, dan Rumah Pintar Putro Paduko Berhalo.

Ketiga rumah singgah itu sudah siap untuk menerima kedatangan korban kabut asap khusus anak-anak.

Paramedis di rumah singgah sudah siaga 24 jam untuk melayani, katanya.

Rumah singgah di rumah pintar Polda Jambi sudah disiapkan sebanyak 25 tempat tidur lipat, memiliki pendingin udara dan ada sarana bermain serta hiburannya.

Kuswahyudi Tresnadi mengatakan Rumah Pintar Putro Paduko Berhalo di kawasan Thehok, Kota Jambi, khusus dijadikan lokasi evakuasi untuk anak-anak.

Di rumah pintar itu bisa menampung sebanyak 25-30 orang korban kabut asap dan ditempat itu juga disediakan dokter dan peralatan medis,.

Sementara itu untuk rumah singgah di Gedung Siginjai di Mapolda Jambi, Kuswahyudi mengatakan disiapkan untuk menampung 50-70 orang korban, sedangkan SPN Polda Jambi bisa menampung 250-300 orang korban. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015