Jambi (ANTARA Jambi) - Para wisatawan berharap pemerintah agar  optimal mengembangkan daerah tujuan wisata (DTW) di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, sehingga bisa menarik lebih banyak kunjungan orang ke daerah itu.

"Kerinci memiliki panorama alam cukup indah, namun pemerintah belum optimal dan memiliki konsep terpadu dalam mengembangkan potensi itu agar benar-benar menjadi daya tarik wisatawan," kata seorang wisatawan, Aan di Jambi, Kamis.

Ia mencontohkan, belum tersedianya transportasi publik dari bandara Depati Parbo Kerinci menuju sejumlah lokasi wisata di daerah itu. Di bandara hanya tersedia ojek untuk menuju sejumlah objek wisata.

"Dengan objek wisata yang tersebar, mestinya pemerintah daerah sudah harus memikirkan bagaimana mempermudah wisatawan untuk menjangkau beberapa objek wisata tersebut  menggunakan transportasi publik yang memadai," kata Aan menjelaskan.

Senada dengan itu, wisatawan lainnya Usman mengatakan potensi Kerinci dengan  Gunung Berapi, Danau Gunung Tujuh,  dan Danau Kerinci itu jika dikembangkan lebih serius dan fokus maka kedepan akan menjadi salah satu daya wisatawan tidak hanya dalam negeri tapi juga wisman.

Selain itu, ia juga menjelaskan sarana dan prasarana pendukung pariwisata seperti hotel dan restoran khususnya di sekitar kawasan tujuan wisata  di Kerinci diperlukan perhatian swasta untuk dikembangkan.

Sebelumnya, Camat Kecamatan Danau Kerinci Firmansyah menjelaskan  kawasan sakti alam Kerinci yang meliputi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh cukup mendukung disebut sebagai destinasi wisata di Provinsi Jambi, karena selain  udara sejuk, dan keindahan alam juga memiliki budaya eksotik.

Dijelaskan,  kondisi alamnya yang masih alami karena sebagian besar  merupakan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Kabupaten Kerinci juga  dikelilingi bukit barisan.

Beberapa objek wisata alam potensial  terdapat di Kerinci, seperti air terjun yakni Telun Berasap,  Pulau Tengah, Sungai Medang dengan  tujuh tingkatan, Pendung,  dan air terjun Tiga Beradik Kumun.

Kemudian objek wisata sumber pemandian air hangat Sungai Medang, dan air hangat Gaung di Semurup. Selanjutnya keindahan alam di kawasan  Danau Kerinci, serta Danau Lingkat.

Selanjutnya, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan areal  perkebunan teh PTPN VI Nusantara Kayu Aro yang merupakan terluas di Asia Tenggara. Panorama alam Bukit Barisan.  Gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Sumatera, serta Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.  (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015