Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan membantu petani budidaya ikan yang gagal panen karena kekeringan akibat kemarau melanda daerah itu.

Kepala Bidang Budidaya Ikan DKP Jambi, Temawisman, di Jambi, Rabu, mengatakan bantuan yang diberikan yakni induk ikan yang bersumber dari APBD Provinsi Jambi. Bantuan diberikan sebagai upaya meningkatkan produksi budidaya ikan air tawar yang sebelumnya sempat menurun akibat kemarau.

"Kita sudah siapkan sebanyak lima ton induk ikan yang nantinya diberikan kepada petani pembudidaya ikan air tawar untuk dikembangkan menjadi benih sendiri," kata Temawisman.

Dia mengatakan, induk ikan untuk benih budidaya ikan air tawar itu ada empat jenis. Yakni induk patin, lele, nila dan gurame yang saat ini masih dalam proses karantina di Balai Benih Ikan Jambi.

"Masih kita lakukan karantina, kalau kita bagikan sekarang belum bisa, karena masih banyak kolam dan keramba petani yang mengalami kekeringan, kalau sudah sering hujan nantinya kita bagikan melalui Unit Pembenihan Rakyat (UPR)," katanya menjelaskan.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015