Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerhati kebudayaan dan pariwisata Jambi Budhi VJ mengatakan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh akan meningkat setelah dibukanya rute maskapai penerbangan Wings Air dari dan ke Kerinci.

"Dengan adanya penerbangan pesawat Wings Air itu kita perkirakan kunjungan wisatawan ke bumi 'Sakti Alam Kerinci' akan terjadi peningkatan," kata Budhi yang dihubungi dari Jambi, Jumat.

Namun, Budhi mengatakan Pemkab Kerinci harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menyambut kunjungan wisatawan, melalui peningkatan infrastruktur pendukung di sejumlah objek wisata unggulan di daerah ini.

Sementara itu, Kepala Bandara Depati Parbo Kerinci Deni Ramdan menjelaskan pesawat jenis ATR 72 milik Wings Air dijadwalkan membuka rute penerbangan ke Kerinci pada Desember 2015.

Dia mengatakan dengan adanya penerbangan  ke "Bumi Sakti Alam Kerinci" ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata Kerinci dan Sungai Penuh.

Saat ini dari pihak  maskapai tersebut  sedang melakukan berbagai persiapan  dan pesawat yang akan mendarat di Bandara Depati Parbo nati berkapasitas 72 tempat duduk.

Direncanakan pesawat Wings Air tersebut akan  melayani penerbangan Jambi-Kerinci-Padang (Sumatera Barat) dan Pekanbaru (Riau).

Deni Ramdan juga menjelaskan,  Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh merupakan daerah yang kaya dengan potensi wisata alam dan  budaya yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan   daerah daerah lain di nusantara.

"Dengan pelayanan penerbangan baru ini maka selain dapat  membantu  mempercepat transportasi  masyarakat Kerinci juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.

Terkait dengan Bandara Depati Parbo Kerinci, Deni menjelaskan tidak ada masalah dan semuanya telah disiapkan untuk menyambut penerbangan maskapai tersebut. (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015