Jambi (ANTARA Jambi) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Jambi menjamin ketersediaan uang pecahan kecil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada perayaan Natal dan libur tahun baru.

"Permintaan uang pecahan kecil meningkat, dan kami memastikan ketersediaannya cukup dan perbankan khususnya BI siap memenuhi kebutuhan itu," kata Kepala Kantor BI Perwakilan Jambi, V Carlusa di Jambi, Selasa.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi permintaan uang pecahan yang meningkat itu, pihaknya telah meminta kepada perbankan untuk memproyeksikan rencana kebutuhan pada Natal dan libur tahun baru.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta kepada semua perbankan yang beroperasi di Provinsi Jambi  agar menyiapkan uang pecahan lebih banyak untuk memenuhi penukaran oleh masyarakat yang meningkat.

"Masyarakat bisa langsung melakukan penukaran di sejumlah bank  di Jambi baik bank umum maupun perkreditan rakyat (BPR)," katanya

Dijelaskannya, dana tunai di BI Jambi sekitar Rp3 triliun, jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi hari raya keagamaan tersebut.

"Kalau dilihat dari tahun sebelumnya, rata-rata perputaran uang pada perayaan Natal dan libur tahun baru ini mencapai Rp3 triliun lebih," katanya.

BI perwakilan Jambi, lanjut Carlusa, memiliki dua kas BI yakni di kantor BI Jambi yang mensuplai kebutuhan uang pecahan untuk wilayah timur Provinsi Jambi dan satu lagi kas titipan di Bank BNI Muaro Bungo untuk mensuplay kebutuhan uang pecahan di wilayah barat Provinsi Jambi.

"Untuk mensuplai kebutuhan uang pecahan, kita juga minta bantu melalui khas titipan di BNI Bungo," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015