Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi, akan membangun dua pasar induk senilai Rp3 miliar yang anggarannya bersumber dari APBD setempat  pada tahun 2016. 
      
"Pembangunan pasar induk ini untuk memudahkan penataan pedagang, selain juga dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD)," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur  M Taher yang dihubungi dari Jambi, Kamis.
      
Dua pasar induk tersebut masing-masing akan dibangun di Kecamatan Geragai dan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjabtim.
      
Lokasi untuk pembangunan pasar induk itu, kata M Taher sudah ada, dan saat ini pihaknya sedang menunggu proses atau tahapan untuk membangun fisik dari pusat perdagangan di Tanjabtim tersebut.
      
Di pasar induk tersebut akan dibangun berbagai fasilitas, seperti kios dan lapak-lapak pedagang dengan tetap memperhatikan konsep pasar modern.  Jika memungkinkan dan anggaran mencukupi,  juga akan dibangun fasilitas pendukung lainya seperti areal parkir, mandi cuci kakus (MCK) serta tempat pembuangan sampah.
       
Pembangunan pasar induk ini tentu menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah. Selain untuk mengakomodir kepentingan pasar di kecamatan, Pemkab juga tidak hanya mengandalkan Dana Bagi Hasil Migas (DBH).

"Kita mengetahui bahwa DBH sejauh ini terus mengalami penurunan. Jadi kita harus bisa melirik sektor pendapatan lain. salah satunya dari sektor PAD pasar," kata dia.

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016