Jambi (ANTARA Jambi) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membekali desain produk industri kreatif kepada sebanyak 30 pelaku usaha di Provinsi Jambi.

Pengembangan desain adalah proses menciptakan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pasar, kata Kasubdit Produk Agro Direktorat Pengembangan Produk Ekspor Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Hidayat Syah di Jambi, Senin.

Melalui seminar dan seleksi 'Designer Dispatch' Service (DDS), dijelaskan kegiatan ini menitikberatkan kepada efektivitas, efesiensi dan pengembangan desain baru yang mengutamakan kearifan lokal agar mampu bersaing di pasaran.

"Semua itu tentunya akan berimbas pada peningkatan pelaku usaha itu sendiri," kata Hidayat.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jambi, Filda Devriani mengatakan, saat ini persaingan di pasar internasional semakin meningkat, sebab itu para produsen harus menghasilkan produk unggulan yang memiliki standar kualitas tinggi.

"Para pelaku harus meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan, salah satu komponen yang mendukung tingginya kualitas suatu produk itu adalah desain," kata Filda.

Namun kata Filda, desain juga diperlukan inovasi-inovasi pengembangan yang disesuaikan dengan selera pasar dan tren saat ini, tentunya yang menjunjung kearifan lokal.

Menurutnya, permasalahan yang kerap muncul dalam meningkatkan nilai tambah produk yakni adanya anggapan pelaku usaha bahwa memakai jasa desainer akan mengakibatkan ongkos produksi lebih tinggi.

"Pelaku usaha enggan mengunakan jasa  desainer karena khawatir cost-nya tinggi, padahal itu sangatlah tidak benar, sebab kita masih memiliki desainer yang bisa berdayakan keahliannya," katanya menjelaskan.

Kegiatan seminar dan seleksi DDS itu kata Filda sebagai informasi kepada para pelaku usaha kreatif terkait pengembangan desain produk daerah Jambi. Seperti produk songket, batik, anyaman dan lainnya.

"Kita berterima kasih sekali kepada Kemendag yang memberikan fasilitas kegiatan DDS 2016 ini sebagai upaya meningkatkan produk Provinsi Jambi, dan kita harapkan pelaku usaha di Jambi mendapat informasi tambahan terkait designer," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016