Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, landasan pacu (runway) Bandara Sultan Thaha Jambi akan ditambah 400 meter agar bandara tersebut dapat menambah kapasitas pesawat dan penumpang.

"Landasan yang ada saat ini hanya 2.200 meter dan akan kita tambah menjadi 2.600 meter," kata Zola saat meninjau lokasi perpanjangan landasan itu, Jumat.

Zola mengungkapkan, rencana perpanjangan landasan ini sudah disampaikannya ke Dirut Angkasa Pura (AP). Pihak AP pun menyetujuinya tinggal lagi kesiapan Pemprov Jambi.

Di lokasi perpanjangan runway itu, ternyata terdapat jalan nasional. Namun solusinya kata Zola jalan nasional itu akan ditutup dan dialihkan jalurnya ke lokasi lain.

"Jika sudah ada perpanjangan maka jalan nasional akan ditutup, dan kita cari jalan lintasannya kemana. Ini penting dan sudah saya disampaikan ke Kementerian terkait tinggal bagaimana kesiapan dari kita di Jambi," katanya menjelaskan.

Sedangkan dari Dinas PU provinsi setempat kata Zola sudah pic terkait kajian dan perencanaannya. Disinggung pembebasan lahan untuk perpanjangan runway itu, Zola mengatakan sudah tidak ada masalah.

"Perpanjangan landasan ada hubungannya dengan embarkasi haji, kita sangat berharap pesawat-pesawat di Jambi lebih banyak lagi yang beroperasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Benhard Panjaitan mengatakan, rencana perpanjangan landasan bandara tersebut akan dipresentasikan tahun ini ke Kementerian terkait.

"Kita akan koordinaskan lagi dengan Kementerian tentang kesiapan Pemprov Jambi dalam perencanaanya, termasuk usulan untuk pemasangan instrument landing system (ILS) bandara," kata Benhard. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016