Kualatungkal (ANTARA Jambi)  - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Amir Sakib meminta agar posko kebakaran hutan dan lahan di tingkat kecamatan di kabupaten itu agar  diaktifkan kembali,  terutama daerah hutan gambut  menyusul tibanya  musim kemarau serta iklim panas  saat ini.

"Kita minta posko kebakaran yang ada kembali diaktifkan terutama didaerah rawan kebakaran lahan gambut seperti di Kecamatan Betara dan lainnya,"  kata Wabup  Amir Sakib saat meninjau lokasi kebakaran lahan di Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara, Tanjabbar (16/5).

Dijelaskannya  guna menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, Pemkab Tanjabbar sudah mengusulkan bantuan ke Pemerintah Pusat  terutama peralatan untuk mematikan api.

"Tiap kecamatan nanti ada peralatan kebakaran dan ini sudah kita usulkan ke pemerintah pusat," ucapnya

Selain itu kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran memang sangat dibutuhkan sekali sebab kelalaian serta kecerobohan dapat berakibat fatal, dan  salah satunya  membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

"Jangan membuang puntung rokok sembarangan terutama di areal lahan gambut sebab ini bisa mengakibatkan kebakaran, dan kita minta juga perusahaan ikut peduli dan membantu mengatasi kebakaran lahan dan hutan, terutama lokasi yang berdekatan dengan areal kebun  perusahaan," kata dia.

Guna mencegah api menjalar lebih luas, Wabup Amir Sakib yang saat itu berada di lokasi kebakaran langsung memerintahkan Kantor Pemadam kebakaran dan Dinas Kehutanan untuk segera turun ke lokasi , begitu juga perusahaan yang ada di sekitar lokasi.

"Disini sudah ada kanal jadi api kemungkinan tidak merambat lebih jauh tapi kita tetap waspada dan mengantisipasinya," tandasnya. (Ant)

Pewarta: Kenneta

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016