Jambi (Antara Jambi)- Sebanyak 20 perusahaan yang bergerak diberbagai bidang membuka lowongan pekerjaan dalam bursa kerja (job fair) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi untuk memperingati hari jadi kota itu ke-615.

Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Jambi, Chandra Purnama di jambi, Jumat mengatakan, bursa kerja tersebut dibuka di Mall Jamtos kawasan Pattimura, hingga Minggu (22/5).

"Jumlah yang tersedia ada sekitar 360 lowongan pekerjaan dari 20 perusahaan. Dan dari 20 perusahaan yang mengikuti bursa kerja ini kebanyakan perusahaan beroperasi di dalam Kota Jambi," katanya.

Dia mengatakan, perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut bergerak diberbagai bidang diantaranya, sektor perbankan, pembiayaan (finance), perhotelan dan perusahaan yang bergerak disektor lainnya.

Sedangkan untuk jenis pekerjaan yang ditawarkan dalam bursa kerja tersebut, kata Chandra, ada bermacam-macam posisi yang ditawarkan, mulai dari bidang pemasaran atau marketing, manager, asisten manager, SPG, costumer service dan posisi lainnya.

"Bursa kerja ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat jambi yang memang sedang mencari pekerjaan, dan bagi para pencari kerja di wilayah Kota Jambi bisa langsung datang mengunjugi stand-stand perusahaan yang telah tersedia di kawasan Mall Jamtos," kata dia.

Ia menambahkan, bursa kerja tersebut, selain untuk memeriahkan hari jadi Kota Jambi yang ke-615 dan hari jadi Pemkot Jambi ke-70, digelarnya bursa kerja tersebut juga sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Jambi.

Meskipun perusahaan banyak membuka lowongan pekerjaan, namun kata Chandra, perusahaan-perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut tetap melaksanakan seleksi dalam perekrutan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Dari sekian banyak yang lowongan pekerjaan yang dibuka itu, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sekitar 1.366 tenaga kerja, dan itu nanti perusahaan yang akan menyeleksi calon tenaga kerja yang mendaftar, katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016