Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muarojambi mensosialisasikan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk dipakai pada tahapan pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi tahun 2017.

"KPU Muarojambi akan menggunakan aplikasi 'Silon' yang dibuat oleh KPU Republik Indonesia bekerjasama dengan Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusikom UI) dan saat ini pihak KPU terus melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut," kata Ketua KPU Muarojambi, Edison SE, Rabu.

Dia menyebutkan, KPU Muarojambi akan mensosialisasikanya kepada pihak terkait baik itu bakal pasangan calon perseorangan maupun yang diusung Parpol agar dapat menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi 'Silon' itu nantinya akan sangat membantu proses pencalonan yang lebih terbuka, lebih jelas dan sama-sama bisa diakses oleh KPU maupun pasangan calin atau paslon.

''Nanti paslon juga akan kita berikan username dan password ketika proses pencalonan sudah berjalan,'' jelas Edison.

Disinggung kapan aplikasi Silon itu akan mulai dipergunakan oleh pihak KPU Muarojambi, Edison mengatakan sampai saat ini pihakhya masih menunggu proses uji coba dan finalisasi sistem oleh KPU RI dan Pusikom UI.

Diperkirakan akhir Juni sudah rampung dan kami akan menggelar Bimbingan teknik (Bimtek), untuk selanjutnya akan membimtek Paslon pada tahapan pencalonan, pada September, mendatang,'' kata Edison.

Secara resmi KPU Muarojambi memulai mensosialisasikan adanya aplikasi 'Solin' ini kepada pihak terkait bersamaan dengan sosialisasi tahapan, program dan jadual serta sosialisasi pencalonan perseorangan.

Sementara itu Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Muarojambi, Suparmin SH MH menjelaskan dalam sosialisasi pencalonan perseorangan akan dijelaskan mengenai mekanisme pencalonan perseorangan dan jadual pelaksanaannya.

Termasuk dokumen pendukung, format bukti dukungan dan berbagai persyaratan lainnya. Juga kewajiban menggunakan softcopy formulir B.1 KWK Perseorangan pada program aplikasi excel yang sudah disiapkan.

''Paslon perseorangan wajib menggunakan aplikasi yang kami sediakan. Karena nanti softcopy itu akan terintegrasi dengan Silon dan jika pakai format lain maka tidak akan terbaca,'' kata Suparmin.

Suparmin menuturkan para pihak yang diundang dalam kegiatan sosialisasi antara lain, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, perwakilan partai politik, mahasiswa, tokoh pemuda, unsur pemerintah, masyarakat umum maupun pihak terkait lainnya.

KPU Muarojambi berharap pasca pelaksanaan sosialisasi masyarakat memahami tata cara pencalonan perseorangan di Pilbup Muaro Jambi 2017. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016