Jambi (ANTARA Jambi) - Sekitar 20 ribu orang setiap harinya mengunjungi kebun binatang Taman Rimba Kota Jambi pada libur Lebaran Idulfitri 1437 Hijriah, kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebun Binatang Taman Rimba Provinsi Adrianis.

"Dari hari Jumat sampai dengan Minggu (10/7) kemarin, totalnya sudah 67.000 orang yang mengunjungi Taman Rimba, artinya jika dirinci setiap harinya sekitar 20.000 pengunjung," katanya di Jambi, Senin.

Jumlah kunjungan tersebut kata dia termasuk juga jumlah orang yang mengunjungi wahana hiburan kolam renang yang berada di sekitar areal kebun binatang satu-satunya di Provinsi Jambi ini.

"Memang setiap momen libur lebaran, keberadaan kebun binatang ini selalu ramai dipadati pengunjung dari berbagai daerah, dan pada umumnya pengunjung yang datang itu adalah keluarga," katanya menjelaskan.

Dari total kunjungan yang mencapai 67.000 tersebut, kata Adrianis jumlah pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil penjualan karcis yang terkumpul mencapai sekitar Rp455 juta atau meningkat dari momen libur lebaran tahun sebelumnya.

"Libur lebaran tahun sebelumnya itu selama 10 hari terkumpul hanya Rp385 juta, tapi sekarang ini dalam tiga hari PAD yang dihasilkan sudah berada diangka hampir mencapai Rp500 juta," katanya.

Sementara untuk mengantisipasi antrean pengunjung yang akan membeli karcis masuk, pihak pengelola Taman Rimba Jambi membuka  empat loket pembelian karcis.

"Kami prediksi pengunjung masih akan ramai hingga sepekan ke depan, karena anak-anak masih banyak yang belum masuk sekolah atau masih banyak libur," katanya.

Mengingat dengan membludaknya jumlah kunjungan, pihaknya mengaku terus mengimbau pengunjung untuk ikut berpartisipasi menjaga kebersihan di areal kebun binatang dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami juga mengimbau pengunjung untuk tidak menyakiti satwa, karena kalau ramai begini banyak satwa yang dilempari dengan benda oleh pengunjung. Jadi kita mengajak untuk berpartisipasi menjaga dan menghargai," katanya Adrianis menambahkan.

Selain itu, ramainya pengunjung yang memadati kebun binatang tersebut juga berdampak dan memberi manfaat kepada para pedagang yang berjualan di luar kawasan kebun binatang tersebut. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016