Jambi (Antara Jambi)- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Provinsi Jambi menyampaikan, bahwa pertumbuhan perbankan daerah itu masih positif, meskipun harga komoditi unggulan provinsi itu belum menunjukan tren yang positif.

Kepala OJK Jambi Darwisman mengatakan, pertumbuhan perbankan masih dalam koridor yang positif meskipun di tengah kondisi yang ketat seperti sekarang ini karena harga komoditi perkebunan seperti karet  yang menjadi penopang perekonomian Jambi belum membaik.

"Perbankan di Jambi masih tumbuh positif, baik dananya, kreditnya mapun asetnya, dan bahkan kalau secara angka-angkanya itu pertumbuhannya lebih tinggi dari nasional," katanya di Jambi, Minggu.

Menurut dia, harga kelapa sawit yang juga menjadi komoditi unggulan penopang perekonomian Jambi sudah menunjukan harga yang baik yaitu dikisaran Rp1.500 per kilogram.

"Kemarin harga kelapa sawit sudah kembali normal dikisaran harga Rp1.500/kilogram, dan ini saya pikir ekonomi Jambi sudah mulai bergerak baik, hanya saja memang harga karet yang masih rendah," kata dia.

Selain perbankan yang tumbuh positif, gerakan ekonomi syariah yang mulai dilakukan OJK pada 2015 berdampak positif. Hal itu ditunjukan pada sistem ekonomi syariah di Provinsi Jambi juga menunjukan pertumbuhan yang positif.

Potensi ekonomi syariah dan gairah masyarakat dalam bertransaksi menggunakan sistem syariah di Jambi itu tergolong masih tinggi.

"Ekonomi syariah masih tumbuh, hanya saja tidak besar, karena namanya syariah yang sangat dekat sektor rill pembiayaan UMKM," kata dia.

Oleh sebab itu dalam rangka percepatan akses keuangan daerah, OJK bersama dengan sembilan bank syariah dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Jambi dan akan membuat program sinergi aksi ekonomi kerakyatan.

"Antara UMKM yang selama ini dibina oleh ICMI nanti kita mensinergikan dan mendorong dengan perbankan syariah. Bank syariah agar lebih fokus dan cepat dalam mengembangkan ekonomi disektor rill pembiayaan UMKM," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016