Jambi (Antara Jambi)- Dua pasangan peserta Pilkada serentak 2017 di Provinsi Jambi menjalani tes kesehatan calon bupati/wakil, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher provinsi itu, Kamis.

Kedua pasangan peserta Pilkada calon bupati/wakil di dua kabupaten di Provinsi Jambi itu diantaranya dari Kabupaten Muarojambi pasangan Ivan Wirata-Dodi Sularso dan pasangan calon bupati dari Kabupaten Tebo yaitu Sukandar-Sahlan.

Kedua pasangan tersebut sebelumnya telah mendaftarkan ke KPU di masing-masing daerah yang dibuka mulai Rabu (21/9) kemarin.

Pada pilkada serentak di Provinsi Jambi ada tiga daerah yang menyelenggarakan diantaranya Muarojambi, Tebo dan Sarolangun.

Tes kesehatan tersebut diantaranya meliputi tes narkoba, syaraf, psikologi dan kejiwaan dan lainnya dari masing-masing peserta.

Namun pada pemeriksaan peserta pilkada serantak 2017 tersebut, pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) provinsi setempat tidak dilibatkan dalam pemeriksaan karena telah diambil oleh pihak rumah sakit.

"Tahun lalu kami (IDI Jambi) pelaksana tunggal dan merekomendasi dalam pemeriksaan pasangan peserta Pilkada, tapi pemeriksaan tahun ini kami tidak dilibatkan," kata Ketua IDI Provinsi Jambi Deri yang dihubungi dari Jambi.

Ia menjelaskan, soal aturan yang ditetapkan dalam kesehatan bahwa memang perlu ada koordinasi antara pihak RSUD Raden Mattaher Jambi bersama IDI Jambi yang merupakan naungan bagi profesi tenaga kesehatan kedokteran.

"Tapi tampaknya pihak rumah sakit tidak memahami itu, dan sampai kini belum ada kordinasi dengan kami," katanya.

Pihak IDI Jambi katanya, telah menyampaikan kepada pihak rumah sakit agar selalu berkordinasi, namun tidak ada tanggapan serius dati pihak rumah sakit.

"Sudah kita sampaikan, tapi tidak ada tanggapan, kita juga tak mau berdebat, mereka tampaknya tidak mengerti, ya silahkan pertanggungjawabkan semua," katanya menambahkan.***2***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016