Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan bahwa pemerintahannya akan menyiapkan komoditi unggulan untuk persiapan hilirisasi dalam mendukung pengembangan pelabuhan di wilayahnya.

"Guna mendukung pemanfaatan pelabuhan yang akan dikembangkan, kita harus juga mempersiapkan komoditi unggulan daerah kita," katanya di Jambi, Minggu.

Komoditi yang harus dimaksimalkan produksinya itu kata Zola yakni karet, sawit dan kayu manis Kerinci yang sudah diakui memiliki kualitas terbaik di dunia serta kopi dan pinang.

"Dalam waktu dekat harapan kita kepada Kementerian Perhubungan adalah pengembangan pelabuhan, karena ini menyangkut perekonomian warga," ujarnya.

Zola mengaku sudah menghadap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, guna berkoordinasi terkait pengembangan Sektor Perhubungan Jambi ke depan.

Dari pertemuan itu Zola mengatakan Jambi dipandang sangat potensial sekali untuk pengembangan perekonomian secara khusus di sektor Perhubungan.

Salah satunya pengembangan Pelabuhan Muarasabak di Kabupaten Tanjungjabung Timur milik Pelindo dengan luas lahan 300 hektare. Dimana pengembangan juga sudah dikoordinasikan bersama Menko Perekonomian.

"Saat ini kita harapkan dukungan dari Menteri Perhubungan. Dan Pelabuhan Muarasabak ini akan terintegrasi dengan pengembangan pelabuhan Ujung Jabung untuk jangka panjang dengan luas kawasan 4.200 hektare," katanya menjelaskan.

Zola menambahkan, pengembangan pelabuhan di wilayahnya sangat straregis sekali mengingat posisi Jambi yang terletak di tengah-tengah pulau Sumatera.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016