Jambi, Antarajambi.com - Universitas Jambi (Unja) menandatangani nota kesepahaman dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dalam rangka pembangunan daerah melalui ikatan Tri Dharma.

Penandatanganan nota kesepahaman itu digelar di Ruang Rapat Rektor Universitas Jambi di Kampus Mendalo, Selasa (24/1)  yang dihadiri oleh Rektor Unja Prof Johni Najwan dan Bupati Tanjung Jabung Barat (Janjabbar) Dr Safrial MS, para wakil rektor dan pejabat kabupaten itu.

"Universitas Jambi komitmen untuk ikut andil dan terlibat dalam pembangunan Provinsi Jambi, termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," kata Rektor Unja Prof Johni Najwan.

Menurut dia melalui ikatan Tri Dharma perguruan tinggi, peran lembaga pendidikan tinggi dan pemerintah tidak bisa dipisahkan. Pada kesempatan itu, ia menyatakan komitmen dan siap bermitra dengan pemerintah daerah dan mengerahkan potensi dan kemampuan yang ada.

Rektor menyebutkan, setiap daerah di provinsi itu memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sehingga kerja sama itu diharapkan bisa menjembatani  optimalisasi potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Bupati Tanjung Jabung Barat Safrial menyatakan daerah itu siap untuk menjadi laboratorium bagi para peneliti Universitas Jambi (Unja) sekaligus mengaplikasikan hasil penelitiannya untuk pengembangan produktifitas masyarakat daerah itu.

"Kehadiran pemikiran dari kalangan akademisi dalam hal ini Universitas Jambi sangat kami harapkan untuk bisa membangkitkan potensi alam dan masyarakat Tanjabbar. Yang pasti kami akan memfasilitasi berbagai program Unja dalam pengembangan potensi daerah Tanjabbar," kata Safrial.

Bupati yang juga alumni Universitas Jambi itu menyatakan daerah itu memiliki beberapa program yang sudah dan akan digulirkan terutama dalam pengembangan pangan di daerah itu.

"Kami berencana menerbitkan Perda terkait lahan abadi, serta menyiapkan beberapa langkah stragis untuk memaksimalkan pasokan irigasi bagi kantong pangan di Tanjabbar," kata bupati.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi Dr Dariah Renata menyatakan, pihaknya telah banyak melakukan penelitian dan pendampingan petani di kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Selain dalam pengembangan produksi pangan, juga dalam mendorong diversifikasi pangan.

"Penelitian kami banyak digelar di wilayah Tanjabbar, dan banyak potensi daerah yang bisa dikembangkan di sektor pangan. Kami menyambut baik kerja sama Pemkab Tanjabar dengan Universitas Jambi ini," kata Dariah.

Pada kesempatan itu juga digelar sharing antara bupati dan pejabat Tanjabar dengan para peneliti dari Unja yang dipandu oleh rektor Johni Najwan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017