Jambi, Antarajambi.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi menggandeng desainer ternama yakni Barley Asmara dalam mengembangkan kain/busana asli daerah itu.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Sherrin Tharia Zola di Jambi, Kamis, mengatakan untuk meningkatkan kualitas dan pangsa pasar busana kain Jambi, pengrajin harus dibina secara berkelanjutan, terutama para pengrajin kecil.

"Dekranasda Provinsi Jambi bersinergi dengan Dekranasda kabupaten/kota berupaya untuk merangkul dan lebih mengintenskan lagi pemberian pelatihan kepada para pengrajin, serta berusaha bekerja sama dengan seluruh pihak terkait," kata Sherrin.

Dijelaskannya, salah satu langkah yang ditempuh oleh Dekranasda Provinsi Jambi untuk meningkatkan kualitas dan pangsa pasar busana kain Jambi adalah dengan mendatangkan perancang busana (desainer) yang sudah mumpuni dalam bidang desain busana, termasuk dalam jaringan pemasaran busana, yakni Barley Asmara.

"Saya mengharapkan para pengrajin bisa teredukasi, sehingga bisa memanfaatkan ilmu-ilmu yang sudah diberikan," ujarnya.

Istri gubernur Jambi ini juga mengatakan bahwa khasanah budaya Provinsi Jambi terus digali, diekspolore, dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jambi dan untuk mengembangkan ekonomi kemasyarakatan.

Salah satunya dengan memopopulerkan "lacak", yakni kain yang dikenakan dikepala yang digunakan oleh kaum laki-laki yang merupakan budaya Jambi. Dimana saat ini pria di Jambi tengah demam pemakaian "lacak" karena kerap dipakai Gubernur Jambi Zumi Zola diberbagai acara.

"Busana dari kain Jambi `step by step` kita perkenalkan, termasuk "lacak" Jambi dan dikerjakan secara detail, pelan-pelan kita kerjakannya, nanti kalau terburu-buru kesannya mubazir," katanya.

Tidak hanya itu, ke depannya secara bertahap kata Sherrin batik dan songket Jambi juga terus diperkenalkan, direncanakan Maret 2017 nanti ada acara untuk memperkenalkan kearifan lokal budaya Jambi.

"Ini harus terus-menenerus, jangan cepat bosan, harus ada variasi batik dan songket Jambi," katanya menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017